Connect with us

Nasional

Lebih dari 600 Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isoman, Jawa Barat Tertinggi

Diposting

pada

INFOKA.ID – Kasus kematian akibat Covid-19 semakin mengkhawatirkan. Dilaporkan Lapor Covid-19 sebuah wadah laporan warga, mencatat setidaknya 682 pasien Covid-19 meninggal saat menjalani isolasi mandiri di luar rumah sakit hingga Senin, 19 Juli 2021.

Data tersebut Lapor Covid-19 dapatkan melalui aduan warga, percakapan di media sosial, serta pemberitaan di media.

Bahkan, peristiwa meninggalnya pasien di luar fasilitas kesehatan ini telah terdeteksi di 16 provinsi di Indonesia, dengan kasus tertinggi di Jawa Barat sebanyak 248, kemudian 114 kasus di Jawa Tengah, dan 107 kasus di Yogyakarta.

“Angka ini tidak menggambarkan penambahan persis hari ini, karena temuan hasil lacak kematian tetap kami catat walaupun kejadian sudah lewat selama masih terjadi pada Juni,” ujar LaporCovid-19 dikutip dari situsnya, Senin (19/7/2021).

Kendati demikian, LaporCovid-19 menduga angka kematian di luar fasilitas kesehatan bisa jadi lebih tinggi dan angka ini hanya seperti puncak dari gunung es.

Lebih lanjut, menurut temuan LaporCovid-19, mayoritas kasus kematian pasien saat isolasi mandiri terjadi karena penurunan saturasi oksigen secara mendadak.

Tak hanya itu, tetapi pasien juga sulit mendapatkan perawatan karena fasilitas kesehatan telah penuh di tengah krisis akibat lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini.

Adapun penyebab lainnya, yang biasanya terjadi di kawasan pedesaan atau jauh dari rumah, pasien menolak untuk ke rumah sakit karena khawatir akan didiagnosis terinfeksi Covid-19.

Disisi lain, angka kematian dokter dan tenaga kesehatan di Indonesia meningkat tajam pada Juli 2021 seiring terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Dalam hal ini, Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat sebanyak 114 dokter meninggal pada Juli 2021, sehingga total dokter yang meninggal selama pandemi mencapai 545 orang.

“Angkanya sudah melebihi 100 persen dari jumlah kematian Juni lalu,” kata Ketua Pelaksana Harian Tim Mitigasi PB IDI Mahesa Paranadipa melalui konferensi pers virtual, Minggu (18/7/2021).

Sementara itu, sebanyak 445 perawat meninggal dan 7.392 lainnya terinfeksi Covid-19 hingga Juli 2021, sebagaimana dikutip dari laman Anadolu Agency.

Demikian, IDI juga menyatakan sejumlah rumah sakit di beberapa wilayah Indonesia sudah kolaps secara fungsional (functional collapse) akibat lonjakan kasus.

Begitu juga LaporCovid-19 pun mendapatkan sejumlah temuan kolapsnya fasilitas, dan layanan kesehatan.

“Kami mendapat laporan 65 warga terkonfirmasi positif Covid-19, dengan gejala sedang hingga berat yang perlu bantuan kegawatdaruratan medis. Di salah satu RS umum pusat milik pemerintah di Jakarta, seorang pasien meninggal sesaat setelah tiba di sana. Sebelumnya ia ditolak beberapa RS dengan alasan tak ada stok tabung oksigen,” kata Irma Hidayana, salah satu pendiri LaporCovid-19 dalam keterangan tertulis, Kamis (1/7/2021). (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement