Connect with us

Gaya Hidup

Jenis-Jenis Makanan Penurun Kolesterol Dalam Tubuh

Published

on

INFOKA.ID – Mengatur pola makan sehat merupakan langkah penting untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam upaya menurunkan kadar kolesterol dalam darah, terdapat jenis-jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

1. Oatmeal

    Kandungan serat larut dalam oatmeal, seperti beta-glukan, dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) di saluran pencernaan.

    2. Alpukat

    lpukat mengandung lemak sehat tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

    3. Ikan berlemak

    Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

    4. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah, dan kacang mete mengandung lemak sehat dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

    5. Minyak zaitun

    Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

    6. Sayuran berdaun hijau

    Sayuran seperti bayam, kangkung, dan brokoli mengandung serat dan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

    7. Buah-buahan

    Buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk, dan alpukat mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

    8. Kacang kedelai

    Kacang kedelai dan produk olahannya, seperti tahu dan tempe, mengandung protein nabati dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

    Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, penting juga untuk mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan gula.

    Menggabungkan pola makan sehat dengan gaya hidup aktif dan rutin berolahraga juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

    Namun, jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan nasihat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. (*)

    Advertisement
    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Facebook

    Pos-pos Terbaru

    Advertisement
    Advertisement
    Advertisement
    Advertisement
    Advertisement