Connect with us

Olahraga

SEA Games 2021: Indonesia Kalahkan Timor Leste 4-1

Published

on

INFOKA.ID – Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Timor Leste U-23 pada lanjutan Grup A SEA Games 2021 dengan skor telak 4-1.

Pertadingan timnas Indonesia vs Timor Leste berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Selasa (10/5/2022) malam WIB. Di babak pertama Timnas Indonesia U-23, unggul dengan skor 1-0 lewat gol Egy Maulana Vikri di menit ke-16.

Sebelum gol Egy, di awal babak pertama kiper Ernando bikin penyelamatan gemilang. Dirinya menepis penalti dari Mauzinho setelah nama terakhir dilanggar Marc Klok.

Di babak kedua, Indonesia tambah gol via Witan Sulaeman di menit ke-52 dan di menit ke-77. Sang kapten Fachruddin juga bikin gol dengan sundulan di menit ke-58.

Mouzinho sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-69. Skor akhir 4-1.

Jalannya Pertandingan

Timor Leste mencoba mengambil inisiatif serangan di laga ini. Baru dua menit laga berjalan, Timor Leste diberi hadiah penalti setelah Marc Klok melakukan pelanggaran yang sembrono di kotak penalti.

Namun beruntung, Ernando yang turun di bawah mistar gawang berhasil membaca dan mematahkan penalti Timor Leste. Sehingga skor 0-0 masih bertahan.

Indonesia yang cukup keteteran dan gerogi perlahan mulai menemukan ritme permainan mereka. Alhasil di menit ke-16, Indonesia berhasil memecahkan kebuntuan setelah umpan tarik Rizky Ridho berhasil diselesaikan dengan sempurna di depan gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Gol Egy ini membuat Indonesia semakin percaya diri dalam menyerang. Skuat Garuda punya beberapa peluang yang bagus, namun sayang penyelesaian akhirnya tidak demikian.

Salah satu peluang terbaik Indonesia lahir di menit 30, saat Egy melepaskan tembakan tanpa terkawal bek Timor Leste. Namun bola malah lemabung tinggi di atas.

Hingga akhir babak pertama, Indonesia melakukan sejumlah percobaan, namun gagal menjadi gol. Skor 1-0 menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Egy ditarik keluar digantikan Saddil Ramdani.

Indonesia langsung tancap gas. Baru tujuh menit babak berdua berjalan, Indonesia unggul menjadi 2-0 usai lemparan ke dalam dari Dewangga sukses ditanduk dengan sempurna oleh Witan Sulaeman. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Belum pulih dari gol kedua Indonesia, gawang Timor Leste kembali bergetar di menit 59. Berawal dari upaya sapuan bek Timor Leste, bola mengarah ke Fachruddin dan tanpa kesulitan ia menanduk bola itu ke gawang Timor Leste. Skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Indonesia.

Baru setelah gol ketiga ini, Timor Leste mulai bangkit. Mereka meningkatkan intensitas serangan mereka ke gawang Indonesia.

Benar saja, di menit 69, Timor Leste sukses memperkecil ketertinggalan. Berawal dari skema serangan balik, Mouzinho berhasil mengelabuhi Ernando yang terlalu cepat keluar dari areanya dan sang penyerang melepaskan tembakan ke gawang kosong Indonesia. Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Indonesia tidak tinggal diam usai kebobolan. Di menit ke-77 Indonesia berhasil memperlebar keunggulan menjadi 4-1 setelah umpan tarik Saddil sukses diselesaikan dengan baik oleh Witan Sulaeman. Skor berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan Indonesia.

Jual beli serangan terus terjadi, namun skor 4-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat hasil ini, Indonesia tetap tertahan di peringkat empat klasemen sementara grup A dengan raihan tiga poin. Sementara Timor Leste terjerembab di dasar klasemen dengan raihan 0 poin dari tiga pertandingan. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement