Connect with us

Daerah

Ruang IGD Rumah Sakit di Tasikmalaya Ditutup, Sejumlah Dokter dan Tenaga Kesehatan Terpapar Covid-19

Diposting

pada

INFOKA.ID – Sejumlah dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas dj RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya kini terpapar Covid-19. Hal ini pun membuat ruang IGD rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut terpaksa harus ditutup selama tiga hari kedepan.

Upaya ini tiada lain guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Sebab pihak RSUD pun melakukan sterilisasi di ruangan garda terdepan pelayanan tersebut.

Bahkan hingga Jumat (11/12/2020) jumlahnya dipastikan telah mencapai puluhan orang.

“Untuk IGD kita tutup sementara waktu, selama tiga hari. Kita lakukan sterilisasi ruangan dan penyemprotan desinfektan. Hal ini untuk kemanan pasien dan tenaga medis juga,” jelas Direktur RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, dr. Iman Firmansyah, Jumat (11/12/2020), dilansir dari Pikiran-Rakyat.com.

Selain ruang IGD, pihak SMC kini juga tidak melayani uji Covid 19 di Laboratorium PCR miliknya. Sebab sampai saat ini, dikatakan Iman, sample uji tes Swab yang belum diperiksa mengantri hingga mencapai 800 sample.

Disisi lain, petugas analis PCR terbatas. Imbasnya, Laboratorium PCR terpaksa tidak menerima rujukan sample swab hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Sehingga kami putuskan untuk tidak menerima rujukan sampel swab dari luar rumah Sakit sampai semua sampel yang belum diperiksa selesai keluar hasilnya,” Kata Iman.

Lonjakan kasus covid, ini membuat angka warga yang melakukan kontak erat dengan kasus konfirmasipun bertambah. Sehingga pihak rumah sakit hanya menerima pasien positif Covid-19 yang membawa surat rujukan dan hasil PCR Swab.

Hingga kini, belum diketahui pasti, penyebab tenaga kesehatan terpapar Covid 19. Tetapi, diduga terpapar diluar rumah sakit SMC, karena banyak juga tenaga kesehatan bekerja di layanan kesehatan swasta.

Sementara itu, untuk pelayanan medis di ruang perawatan dan poli tetap berlangsung normal. Iman pun menghimbau kepada masyarakat dan pasien rawat jalan serta rawat inap, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat saat mendatangi RSUD SMC.

Hal itu dengan menjalankan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. (*)

Sumber: Pikiran-Rakyat.com

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement