Connect with us

Regional

Longsor di Sumedang, 2 Hektare Sawah dan Aliran Sungai Tertimbun

Published

on

INFOKA.ID – Peristiwa longsor terjadi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat, pada Sabtu (15/1/2022) pukul 16.30 WIB.

Peristiwa longsor tersebut terjadi tepatnya di Dusun Sukasari RT 03 RW 03, Kabupaten Sumedang.

Akibatnya, dua hektare sawah serta aliran Sungai Cipeles tertimbun tanah. Selain itu, aliran Sungai Cipongkor yang bermuara di Sungai Cipeles juga tertutup material longsor.

Kepala Pusdalops-PB BPBD Sumedang Rully Surya S mengatakan, belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini. “Bencana longsor terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Sabtu siang,” ujar Rully dilansir Kompas.com, Sabtu (16/1/2022).

Rully menuturkan, longsoran tebing setinggi 150 meter dan lebar 80 meter ini menimbun areal persawahan yang berada di bawahnya.

“Ada sekitar dua hektare sawah yang terbawa longsor dan tertutup material longsor. Aliran Sungai Cipongkor di lokasi juga tertimbun material longsor,” tutur Rully.

Rully menyebutkan, mengingat masih tingginya curah hujan, warga diimbau menjauhi lokasi longsor dengan radius satu kilometer.

Akibat dari longsoran di Ciherang, aliran sungai Cipongkor yang bermuara di sungai cipeles tertutup material longsor.

Rully menambahkan, material longsor juga mendekati permukiman, sehingga warga diimbau untuk waspada.

“Warga yang bermukim di wilayah sekitar juga kami imbau untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya. Mengungsi sementara ke tempat lebih aman demi keamanan dan keselamatan bersama,” kata Rully. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement