Connect with us

Politik

COVID-19 Masih Menghantui, MUI Jabar Minta Pilkada 2020 Ditunda

Published

on

INFOKA.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat meminta agar pelaksanaan Pilkada serentak ditunda. Sebab, pandemi COVID-19 masih menghantui.

“Kalau MUI, kami sedang membuat konsep edaran atau imbauan. Sebenarnya kalau masukan dari para pengurus meminta Pilkada itu ditunda saja dulu. Karena hitung-hitungan kami, kemadaratannya akan lebih besar dari pada maslahatnya,” ucap Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar dilansir dari Detikcom, Jumat (25/9/2020).

Di Jabar sendiri sedikitnya ada 8 daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu dan Kota Depok.

Rafani mengatakan permintaan penundaan ini sudah berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan. MUI Jabar sendiri sudah berkoordinasi pakar epidemiologi soal kondisi penyebaran COVID-19.

“Kami disini juga melakukan kajian ilmiah mengundang ahli epidemiologi. Jadi Desember ini kan puncak penyebaran COVID-19 dari angka yang terus melonjak, kemudian ditambah kemungkinan angka dari Pilkada itu yah. Pilkada itu berpotensi berkontribusi menambahkan angka COVID-19 sampai dengan 200 atau 300 ribu angka nasional,” tuturnya.

Menurut Rafani, pelaksanaan Pilkada tidak memungkinkan. Sehingga pihaknya meminta agar pelaksanaan Pilkada ditunda.

“Iya ditunda, kan bukan hanya kita ya,banyak komponen masyarakat juga mengusulkan, terutama kalau kami lebih percaya kepada pendapat para ahli seperti ahli epidemiologi dan IDI kan kita kerjasama juga,” ujarnya.

“Jangan sampai hajat politik ini mengorbankan keselamatan masyarakat ya, kan ada kaidahnya dalam usul fiqih menolak kemadaratan harus diprioritaskan daripada mendatangkan kemaslahatan,” kata dia menambahkan. (*)

Sumber: Detikcom

Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. graliontorile

    21 Agustus 2022 at 01:13

    Utterly composed written content, appreciate it for selective information. “In the fight between you and the world, back the world.” by Frank Zappa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement