Connect with us

Regional

Pertamina EP Tambun Field Tanggap Bencana

Published

on

INFOKA.ID – Memasuki musim penghujan di penghujung tahun 2020 ini, Pertamina EP Asset 3 Tambun Field (PEP Tambun) aktif lakukan pemasangan rambu-rambu jalur evakuasi di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Hal ini dilakukan sebagai upaya mitigasi terhadap bencana banjir yang di awal tahun lalu terjadi di 14 Kecamatan di Kabupaten Karawang.

Kegiatan pemasangan rambu jalur evakuasi dilaksanakan pada Rabu, 14 Oktober 2020 dan merupakan kolaborasi PEP Tambun dengan BPBD Kabupaten Karawang yang diwakili Supriatna selaku Sekretaris BPBD dan juga Kepala Desa Sedari, Bisri Mustofa.

Krisna selalu Field Manager PEP Tambun menyampaikan “Pemasangan rambu-rambu jalur evakuasi ini adalah bentuk upaya preventif yang bisa dilakukan PEP Tambun bagi Desa Sedari, meski demikian kami berharap tidak akan ada kejadian seperti awal tahun lalu”. Krisna juga menambahkan “Di lokasi lain pada Agustu 2020, kami juga melaksanakan pelatihan tanggap bencana bagi 40 orang perwakilan masyarakat”.

Selain rambu jalur evakuasi, PEP Tambun bersama BPBD Kabupaten Karawang serta Pemerintah Desa Sedari juga memasang rambu untuk titik kumpul aman yang sebelumnya telah disepakati perwakilan masyarakat Desa Sedari. Tidak hanya itu, beberapa waktu sebelumnya PEP Tambun membangun jalan beton sepanjang 750 meter di Desa Sedari sebagai upaya penanggulangan bencana, juga menyerahkan pasir batu untuk pengerasan jalan, alat kebersihan, beras dan minyak bagi korban banjir.

Desa Sedari merupakan salah satu Desa dengan potensi dan resiko banjir pasang air laut yang tinggi di Kabupaten Karawang. Dimana Juni 2020 lalu juga terjadi banjir pasang air laut cukup besar di Desa Sedari.

BPBD Kabupaten Karawang merekomendasikan program penanggulangan dan pencegahan bencana banjir sebagaimana disampaikan Supriatna “Salah satu bentuk upaya mitigasi resiko banjir pasang air laut yang bisa kita lakukan adalah pemasangan rambu-rambu jalur evakuasi dan titik kumpul. Alhamdulillah PEP Tambun merespon baik usulan ini”.

Pada awal 2020 lalu, PEP Tambun telah menyalurkan berbagai bantuan bagi Desa-desa yang dilanda banjir diantaranya berupa 132,5 kg beras, air mineral, makanan ringan, makanan siap saji 1.078 paket, 144 paket kebutuhan bayi, peralatan mandi, 50 paket alat-alat untuk pembersihan pasca banjir, 350 paket obat-obatan dan lain sebagainya dengan total bantuan senilai Rp.153.247.850,-.

PEP Tambun juga membangun Posko Tanggap Bencana Banjir di sekitar kantor di Desa Babelan, Kabupaten Bekasi, dimana masyarakat sekitar bisa tinggal sementara waktu sampai banjir surut. Di Posko ini masyarakat tidak hanya mendapatkan kebutuhan pokok namun juga pemeriksaan kesehatan yang juga disediakan oleh PEP Tambun. (rls)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement