Connect with us

Kesehatan

Penyebab Stres di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya

Diposting

pada

INFOKA.ID – Stres di tempat kerja bisa terjadi karena berbagai alasan. Ketahui penyebab stres paling umum di tempat kerja dan cara mengatasinya.

Studi menunjukkan satu dari lima pekerja mengalami stres. Penyebab stres bisa terjadi karena rekan beban kerja yang tinggi hingga rekan kerja yang tak bisa diajak komunikasi.

Berikut penyebab stres di tempat kerja dan cara mengatasinya, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

1. Komunikasi yang buruk

Komunikasi yang buruk merupakan salah satu penyebab stres yang paling banyak dialami di tempat kerja.

“Kurangnya instruksi yang jelas, pelatihan yang tidak memadai sehingga pekerjaan tidak sesuai harapan. Ini menyebabkan frustasi,” kata ahli kesehatan mental Ros Jones kepada Metro.co.uk.

Selain itu, gaya komunikasi yang berbeda juga bisa menyebabkan stres.

Untuk mengatasi hal ini cobalah memberikan instruksi yang jelas dan terarah. Jangan ragu untuk menanyakan tugas jika ada yang tidak dimengerti.

2. Beban kerja yang tinggi

Beban kerja yang tinggi merupakan sumber stres bagi para pekerja. Beban kerja yang tinggi dan berkelanjutaan dapat menyebabkan kelelahan mental dan fisik.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mendelegasikan tugas kepada yang lain. Beri pula apresiasi kepada rekan kerja, atasan, atau bawahan setiap kali selesai mengerjakan tugas. Jangan lupa penghargaan untuk diri sendiri seperti me time.

3. Lingkungan kerja yang buruk

Lingkungan kerja mempengaruhi suasana hati. Ruang kerja yang tidak nyaman dapat memperburuk suasana hati dan menyebabkan stres.

Untuk mengatasi ini, coba bersihkan dan tata kembali meja kerja Anda. Letakkan barang-barang yang membuat hati senang untuk bekerja. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement