Connect with us

Kesehatan

Gejala dan Cara Menghilangkan Stres

Diposting

pada

INFOKA.ID – Stres bisa dialami siapa saja dengan pemicu yang beragam, terutama ketika menghadapi sebuah tantangan dan tuntutan.

Cara menghilangkan stres dapat dicoba agar tak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan di kemudian hari.

Merujuk situs Clevelandclinic, stres bisa dialami oleh setiap orang dengan gejala dan penyebab yang berbeda-beda mulai dari peristiwa hidup yang kecil hingga besar.

Akan tetapi jika stres tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan begitu saja akan berujung pada masalah kesehatan serius. Berikut gejala stres yang bisa Anda waspadai dan cara mengatasinya.

Gejala fisik dari stres di antaranya rasa sakit dan nyeri, detak jantung kencang hingga menimbulkan rasa nyeri pada dada, kelelahan atau kesulitan tidur, sakit kepala, pusing, badan gemetar, tekanan darah tinggi, otot mudah tegang, masalah pada perut dan pencernaan, sulit berhubungan seks, dan sistem kekebalan tubuh melemah.

Sementara gejala mental dan perilaku dari stres di antaranya kecemasan, mudah marah, depresi, panic attack dan kesedihan mendalam.

Tanda-tanda stres di atas harus diatasi sedini mungkin agar tidak merambat menjadi masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan darah tinggi.

Penanganan untuk cara menghilangkan stres pun harus tepat. Salah cara bisa-bisa Anda terjebak dalam pola hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol, berjudi, narkoba, perokok berat, dan perilaku kompulsif lainnya.

Stres yang tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan berlarut berdampak kurang baik bagi kesehatan mental dan kesehatan fisik.

Berikut beberapa hal yang bisa membantu mengelola serta mengurangi rasa stres Anda.

1. Mendengarkan musik

Memutar musik memiliki efek positif bagi otak dan tubuh. Musik dengan irama yang tenang mampu menekan kortisol, hormon yang menyebabkan stres.

Anda bisa memutar musik klasik dengan lantunan yang lembut. Jika tidak menyukai musik klasik atau instrumen, Anda bisa mendengarkan musik yang memutarkan suara suasana alam atau musik religi.

Musik suasana alam maupun musik religi bagi beberapa orang dapat memberikan relaksasi yang sama dengan musik klasik.

2. Ceritakan masalah ke orang terdekat

Setiap orang biasanya memiliki satu atau beberapa sahabat yang sering diajak bertukar pikiran.

Saat Anda merasa stres, sebisa mungkin ceritakan permasalahan ke orang terdekat yang Anda percaya. Bentuk komunikasi terbuka seperti ini salah satu gaya hidup sehat.

3. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat

Banyak orang saat stres melarikan diri mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat. Seperti makanan manis dan berkalori tinggi atau minuman beralkohol.

Tindakan tersebut hanya dirasa efeknya sesaat namun tidak dapat mengurangi rasa stres untuk jangka panjang.

Laman kesehatan WebMD menuliskan, mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi efek stres. Sebab tubuh membangun sistem kekebalan yang meningkatkan mood dan menurunkan tekanan darah.

Saat stres, hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi, ganti dengan makanan sehat seperti sayur dan buah.

4. Tertawa

Tertawa melepaskan endorphin yang berujung peningkatan suasana hati dan menurunkan kadar hormon penyebab stres kortisol dan adrenalin.

Dengan tertawa Anda menipu sistem saraf yang memberikan Anda rasa bahagia. Anda bisa menonton film komedi atau sekedar melihat aksi komika di YouTube.

5. Tidur yang cukup

Tidur dalam jangka waktu yang cukup salah satu cara menghilangkan stres.

Pasalnya kurang tidur juga merupakan sebab seseorang mengalami stres serta membuat kesehatan tubuh dan otak menurun.

Waktu tidur yang normal berkisar antara 7 hingga 8 jam. Jauhkan ponsel, redupkan lampu, dan matikan TV, berikan waktu bagi tubuh Anda untuk bersantai sejenak.

Anda bisa menyalakan musik tenang atau menghidupkan terapi aroma yang menambah rasa relaksasi dan membuat tidur menjadi lebih pulas.

6. Berolahraga

Laman Mayoclinic menyebut aktivitas fisik disebut sebagai salah cara menghilangkan stres. Olahraga dapat memompa hormon endorfin yang berdampak meningkatkan suasana hati.

Pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda. Rutin berolahraga juga dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

7. Latihan pernapasan

‘Tarik napas-buang napas’. Cara melatih napas ini biasanya digunakan saat meditasi. Anda dapat melatih teknik pernapasan ini bahkan saat sedang duduk bekerja.

Caranya mudah. Mengutip Healthline, duduk dengan posisi nyaman di kursi, pastikan kaki menyentuh lantai, lalu letakkan tangan di atas lutut.

Ambil napas perlahan dari hidung, rasakan udara masuk dan mengembang pada paru-paru Anda lalu buang lewat mulut. Saat melakukan, bayangkan Anda membuang hal yang membuat Anda stres.

Itulah cara menghilangkan stres yang bisa Anda ketahui. Jika cara-cara di atas tidak sesuai atau mengurangi rasa stres Anda, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga membantu. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement