Connect with us

Daerah

Jalur Wisata Cianjur yang Rawan Longsor, Wisatawan Diminta Waspada

Diposting

pada

INFOKA.ID – Wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan Puncak dan destinasi pantai Cianjur diminta waspada dan berhati-hati. Pasalnya saat ini hujan deras terjadi hampir setiap hari, sehingga berpotensi memicu terjadinya longsor di sejumlah titik rawan bencana.

Ada beberapa titik rawan bencana longsor di sepanjang jalur puncak hingga selatan Cianjur, diantaranya Ciloto, Cugenang, Sukanagara, dan Tanggeung.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Rudi, mengatakan potensi bencana longsor meningkat dengan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

“Untuk wilayah utara, terutama kawasan puncak kerap terjadi longsor di Ciloto dan lembah koi. Sedangkan untuk selatan di kecamatan Sukanagara dan Tanggung,” ujar dia, Minggu (14/10/2021).

Menurutnya dengan cuaca ekstrem dengan intensitas hujan yang tinggi membuat tebing di jalur tersebut berpotensi longsor.

“Beberapa hari lalu juga terjadi longsoran. Tidak ada korban, tapi akses lalulintas menjadi tertutup selama beberapa jam,” kata dia.

Oleh karena itu, Rudi mengimbau agar wisatawan yang berkunjung dan berlibur ke Cianjur untuk tetap waspada, terlebih saat hujan deras.

“Kalau hujan deras tingkatkan kewaspadaan saat melintas titik rawan longsor. Atau lebih baik tunda dulu berliburnya hingga cuaca kembali normal,” kata dia.

Khusus untuk wisatawan destinasi pantai, lanjut Rudi, pihaknya juga mengimbau agar tidak berenang terlalu ke tengah. Pasalnya bencana hidrometeorologi juga mengakibatkan gelombang tinggi.

“Jadi bukan hanya siaga bencana hidrometeorologi, tapi diterapkan juga status waspada gelombang tinggi akibat cuaca ekstrem. Jangan berenang terlalu ke tengah dan jika sudah mendung, segera tinggalkan kawasan pantai, menghindari gelombang tinggi,” pungkasnya. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement