Connect with us

Kesehatan

Tips Agar Ibu Hamil Tetap Sehat Selama Berpuasa

Published

on

INFOKA.ID – Ibu hamil diperbolehkan menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan syarat. Kondisi ibu dan kandungan harus dipastikan dalam keadaan sehat.

Ada beberapa tips puasa untuk ibu hamil yang perlu dicermati. Tips ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan kandungan selama berpuasa.

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan, Muhammad Fadli menyarankan ibu hamil untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu demi memastikan kondisi kesehatan.

“Konsultasi dengan dokter kandungan, tanyakan juga, apakah Anda aman untuk berpuasa,” ujar Fadli dalam webinar beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Fadli juga mengingatkan ibu hamil untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi harian selama berpuasa.

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti ibu hamil saat berpuasa di bulan Ramadan agar tetap sehat.

1. Banyak minum air putih

Ibu hamil tetap harus memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa.

Perlu diketahui, kebutuhan cairan ibu hamil berbeda dengan orang dewasa umumnya. Ibu hamil setidaknya mendapatkan asupan 2,5 liter air per hari.

“Usahakan banyak minum air di malam hari agar kebutuhan cairan terpenuhi walau siangnya berpuasa,” kata Fadli.

2. Jangan lewatkan sahur

Tips puasa untuk ibu hamil berikutnya adalah tidak melewatkan sahur.

Saat sahur, perhatikan makanan yang dikonsumsi. Agar puasa lancar, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan karbohidrat kompleks dan tinggi protein, lengkap dengan buah dan sayur.

Tujuannya, agar ibu hamil tak cepat merasa lapar dan tidak lemas saat berpuasa. Beberapa jenis karbohidrat kompleks yang bisa jadi pilihan di antaranya nasi merah, ubi, dan kacang-kacangan.

Jangan lupa juga lengkapi menu sahur dengan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin.

3. Hindari makanan terlalu manis

Saat berbuka, makanan manis memang menjadi pilihan. Tapi, ibu hamil disarankan untuk mengurangi asupan makanan dan minuman manis.

Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebih, ibu hamil disarankan untuk berbuka dengan air mineral dan dua butir kurma.

“Anda juga harus menghindari kafein, baik dari kopi atau teh, minum air putih saja lebih bagus,” kata dia.

4. Aktif bergerak

Ibu hamil yang sedang berpuasa juga harus tetap aktif bergerak. Misalnya, dengan mengikuti senam santai secara daring atau melakukan beberapa pekerjaan rumah yang ringan.

“Lakukan kegiatan yang membuat Anda banyak bergerak di dalam rumah,” kata dia.

5. Jangan stres

Stres bisa dialami siapa saja, terutama ibu hamil. Dalam banyak kasus, ibu hamil yang berpuasa selama Ramadan juga melepaskan kortisol atau hormon stres lebih tinggi daripada ibu hamil yang tidak berpuasa.

Jangan biarkan stres menguasai. Lakukan meditasi atau hal yang membuat hati senang untuk mengembalikan pikiran positif Anda.

Selain itu, mengikuti beberapa tips puasa untuk ibu hamil di atas, Anda juga perlu memastikan kualitas tidur. Tidurlah minimal selama enam jam per hari. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement