Connect with us

Olahraga

Thailand Juara Piala AFF 2022 usai Kalahkan Vietnam

Published

on

INFOKA.ID – Thailand berhasil menjadi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di leg kedua final yang berlangsung di Stadion Thammasat Bangkok, Senin (16/1/2023).

Hasil itu membuat tim asuhan Alexandre Polking menang agregat gol 3-2, menyusul hasil imbang di leg pertama 2-2 di kandang Vietnam, Jumat (13/1/2023) lalu.

Gol tunggal Theerathon Bunhathan pada menit ke-24 menjadi penentu kemenangan. Dia berhasil menjebol gawang yang dikawal Dang Van Lam setelah memanfaatkan assist dari Adisak Kraisorn.

Duel berjalan sengit. Vietnam memburu gol penyama kedudukan, sedangkan Thailand tak mengendurkan serangan. Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga akhir babak pertama.

Berbeda dari babak pertama, timnas Vietnam yang tertinggal langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu.

Hingga menit ke-75, timnas Vietnam yang terus menggempur pertahanan Thailand masih belum berhasil menyamakan kedudukan. Vietnam hanya mampu melepaskan dua tembakan tepat sasaran yang seluruhnya mengarah tepat ke kiper Thailand, Kampon Phatomakkakul.

Pada menit ke-90+4, Thailand harus bermain 10 orang setelah wasit menghukum Peeradol dengan kartu kuning kedua.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil ini memastikan Thailand menjadi juara Piala AFF 2022. Mereka unggul agregat 3-2 dari Vietnam. Pada leg pertama di markas Vietnam kedua tim bermain imbang 2-2. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement