Connect with us

Nasional

Tahun Baru Islam, Jokowi: Semoga Indonesia Dijauhkan dari Wabah dan Marabahaya

Diposting

pada

INFOKA.ID – Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah kepada seluruh masyarakat. Di momen tahun baru Hijriah, Jokowi berharap Indonesia dijauhkan berbagai wabah dan marabahaya.

“Mari kita masuki tahun baru dengan penuh harapan, dengan doa, dan keyakinan.Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi dan melindungi bangsa Indonesia, serta menjauhkan kita dari berbagai wabah dan marabahaya,” ujar Jokowi dalam sambutannya pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah ditayangkan akun Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (9/8/2021).

Jokowi mengingatkan kepatuhan umat Islam menjalankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 mencerminkan semangat hijrah dalam perilaku keseharian.

“Kepatuhan umat menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas mencerminkan semangat hijrah dalam perilaku keseharian kita,” kata Jokowi di akun Instagram-nya, Selasa, 10 Juli 2021.

Presiden berharap memasuki tahun baru Islam dengan penuh harapan dan doa serta dijauhkan dari wabah.

Jokowi berharap agar momen tahun baru 1 Muharram 1443 Hijriah yang juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan dapat dimanfaatkan untuk melipatgandakan ikhtiar baik lahiriah maupun batiniah dalam melawan pandemi Covid-19.

“Proklamasi 17 Agustus 76 tahun yang lalu merupakan wujud hijrah kita melepaskan diri dari kolonialisme untuk menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat. Momentum ini harus kita manfaatkan untuk melipatgandakan ikhtiar lahiriah dan batiniah dalam melawan pandemi,” kata Jokowi.

Menurutnya, masa pandemi juga memberikan pelajaran berharga untuk direnungkan. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari perjuangan Nabi Muhammad SAW asa hijrah dari Makkah ke Madinah yang telah membuat Islam berkembang pesat, menyebar luas, dan menjadi kekuatan yang disegani di jazirah Arab.

Dikutip dari Setkab, Pemerintah resmi mengganti tanggal merah tahun baru Islam 10 Agustus menjadi 11 Agustus 2021. Keputusan tersebut dimuat dalam SKB tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Meski libur bergeser, tahun baru Islam tetap jatuh di tanggal 10 Agustus 2021. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement