Connect with us

Regional

Petani di Karawang Keluhkan Penggunaan Kartu Tani Banyak Kendala, Kesulitan Beli Pupuk Subsidi

Published

on

INFOKA.ID – Sejumlah petani di Karawang, Jawa Barat, mengeluhkan banyak kendala penggunaan kartu tani untuk membeli pupuk subsidi. Mulai dari kartu belum aktif atau masih “not found”, kartu hilang, lupa pin, hingga belum semua kartu tani terdistribusikan kepada petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, Asep Hazar, mengakui persoalan kartu tani yang dialami sejumlah petani di Karawang.

“Kartunya itu pertama pada saat kartunya udah di pegang, EDC-nya not found, tidak terbaca. Itu yang sering terjadi, itu yang paling banyak,” kata Asep dilansir dari TribunBekasi.com, Senin (23/1/2023).

Selain itu, Asep juga mengakui belum semua kartu tani terdistribusi. Dari data teranyar Dinas Peetanian dan Ketahanan Pangan, baru sekitar 19 kecamatan. Adapun yang sudah seluruhnya terdistribusi salah satunya Kecamatan Ciampel.

“Kalau yang belum punya kartu masih bisa manual, namun kalau yang not found tadi kan artinya udah terdata ini yang menjadi masalah,” kata dia.

Asep mengungkapkan pihaknya tengah mencari solusi. Salah satunya mengkomunikasikan dengan Bank Mandiri segera menyiagakan mobil pelayanan keliling untuk kartu tani. Sebab, tidak semua kecamatan terdapat Bank Mandiri yang melayanai persoalan Kartu Tani.

“Kita ingin Bank Mandiri menyiapkan mobil keliling yang melayani kalau ada masalah di kartunya, ada masalah di EDC-nya,” kata dia.

Selain Bank Mandiri, kata Asep, pihaknya juga berkomunikasi dengan distributor dan kios pupuk. Termasuk produsen pupuk soal ketersediaan stok pupuk.

“Termasuk keringan tidak perlu pakai kartu tani jika memang sudah terdaftar,” katanya. (*)

Sumber: TribunBekasi.com

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement