Connect with us

Olahraga

Manchester City Juara Liga Inggris 2021/2022

Published

on

INFOKA.ID – Manchester City menjadi juara Liga Primer 2021/2022. Kepastian itu diperoleh usai City secara dramatis menaklukkan Aston Villa 3-2 dalam laga yang berlangsung di Etihad Stadium, Manchester, Minggu (22/5/2022).

Ilkay Gundogan menjadi pahlawan City berkat dua gol yang dibukukan pada menit ke 76 dan 81. Satu gol lainnya dipersembahkan Rodri. Sementara gol-gol Villa dicetak oleh Matthew Cash (37) dan Philippe Coutinho (menit 69).

Kemenangan The Citizens tersebut membuat mereka meraih gelar juara Liga Inggris dengan torehan 93 poin. Unggul satu angka atas rival mereka, Liverpool, yang di hari yang sama menang atas Wolverhampton Wanderers dengan skor 3-1 dalam laga yang digelar di Stadion Anfield, Liverpool.

Ini merupakan titel kedelapan City sepanjang sejarah. Sedangkan bagi pelatih Pep Guardiola, ini merupakan gelar juara keempat selama melatih The Citizens.

Jalannya Pertandingan

Man City menguasai jalannya pertandingan pada babak pertama kontra Aston Villa dengan 71 persen. Akan tetapi, The Citizens tertinggal lebih dulu pada menit ke-37. \

Manchester City tampil menekan sejak awal. Mereka lebih sering mengeksploitasi sisi kiri lewat posisi Phil Foden dan dibantu oleh Joao Cancelo.

Riyad Mahrez seringkali bertukar tempat dengan Phil Foden untuk mengelabui lawan.

Tetapi, tak ada gol hingga menit ke-15. Tempo Man City tak begitu cepat, mereka membuat lawan menunggu di area pertahanan Aston Villa.

Hingga 30 menit bermain, Man City menguasi 75 persen penguasaan bola. Tetapi tak ada satu pun sepakan mengarah ke gawang.

Gabriel Jesus mendapat kesempatan emas pada menit ke-31. Akan tetapi, sepakan kaki kanannya tak mengarah ke gawang.

Pada menit ke-37, kejutan datang dari sundulan Matty Cash. Umpan Lucas Digne dari sisi kiri disambut dengan kepala Cash yang berdiri bebas. Antisipasi Ederson Moraes juga terlambat, Aston Villa memimpin 1-0 atas tuan rumah Man City.

Tertinggal 0-1 dari Aston Villa, membuat The Citizen terus menggempur lawan. Kali tak hanya lewat sisi kiri, tetapi juga kanan. Meski demikian, tak ada gol tercipta. Aston Villa unggul 1-0 pada babak pertama.

Pep Guardiola memasukkan Oleksandr Zinchenko pada awal babak kedua. Dia menggantikan Fernandinho yang nyaris blunder pada babak pertama.

Masuknya Zinchenko membuat lini penyerangan dari sisi sayap semakin variatif. Beberapa kali dia berhasil membuat lawan kocar-kacir. Pada menit ke-56, Pep Guardiola memasukkan Raheem Sterling menggantikan Riyad Mahrez.

Namun, dua pergantian pemain upaya Pep itu tak membuahkan hasil hingga menit ke-60. Man City masih tertinggal 0-1 dari Aston Villa.

Tempo permainan Man City sedikit melambat sejak masuknya Raheem Sterling.

Sementara Aston Villa tampak mengulur-ulur waktu. Man City kian tertinggal usai Philippe Coutinho mencetak gol pada menit ke-68.

Berawal dari umpan Olie Watkins dari tangah, berhasil dikontrol dengan baik oleh Coutinho.

Tanpa menunggu lama, Coutinho menendang dengan keras dan mengarah ke tiang dekat. Aston Villa unggul 2-0.

Ilkay Guendogan yang masuk pada menit ke-68 menggantikan Bernardo Silva berhasil memecahkan kebuntuan.

Sundulannya usai mendapat umpan dari Raheem Sterling berbuah gol. Man City 1-2 Aston Villa pada menit ke-76.

Ilkay Guendogan yang masuk pada menit ke-68 menggantikan Bernardo Silva berhasil memecahkan kebuntuan.

Sundulannya usai mendapat umpan dari Raheem Sterling berbuah gol. Man City 1-2 Aston Villa pada menit ke-76.

Belum denap dua menit berselang, Man City menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Kali ini sepakan datar Rodri dari luar kotak penalti berbuah gol. Akurasi dan power sepakan Rodri usai menerima umpan Zinchenko tak bisa dibendung kiper lawan, Robin Olsen.

Guendogan menjadi pahlawan setelah memanfaatkan umpan brilian dari Kevin De Bruyne pada menit ke-81.

Dia hanya membelokkan bola umpan De Bruyne untuk menceploskan si kulit bulat ke gawang lawan. Skor 3-2 berakhir hingga peluit panjang wasit.

Man City menang atas Aston Villa sekaligus juara Liga Inggris 2021-2022. (*)

Sumber: Kompas.com

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement