Connect with us

Daerah

2022, Dinas Pertanian Karawang Targetkan 1.000 Hektar Sawah Bisa Empat Kali Tanam Selama

Diposting

pada

INFOKA.ID – Dinas Pertanian Kabupaten Karawang menargetkan 1.000 hektar sawah bisa melakukan empat kali tanam dan empat kali panen pada 2022.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang M Hanafi Chaniago mengatakan ribuan hektar sawah ini menjadi fokus utama dalam program peningkatan Indeks Pertanaman (IP).

“Tahun ini, kita ditargetkan untuk peningkatan indeks pertanaman,” ujarnya, Kamis (13/1/2022).

Dia mengatakan selama ini IP padi di wilayah Karawang mayoritas hanya dua kali tanam dalam setahun atau disebut IP 200. Tetapi, ada juga yang sudah menerapkan IP 300, yang artinya bisa tanam dan panen tiga kali. Untuk IP 200 menjadi IP 300. Sedangkan, yang sudah IP 300 ditingkatkan lagi menjadi IP 400, atau empat kali tanam dan panen sepanjang 2022 ini.

Hanafi menjelaskan untuk yang IP 300 meningkat ke IP 400, ditargetkan ada 1.000 hektar. Jadi, kedepan sepanjang tahun areal persawahan ini akan terus ditanami padi, tanpa jeda.

Akan tetapi, untuk mewujudkan target ini perlu adanya fokus utama permasalahan. Yaitu, jaminan ketersediaan air sama pasokan pupuk bersubsidi. Lantaran, dua komponen ini menjadi kunci utama kesuksesan program IP 400 tersebut.

“Kita akan koordinasi dengan PJT II Jatiluhur soal jaminan suplai airnya. Serta dengan Pupuk Kujang, soal jaminan pupuk bersubsidinya,” ujarnya. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement