Connect with us

Kesehatan

Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Diposting

pada

INFOKA.ID – Sarapan sering jadi kambing hitam tubuh makin gemuk. Padahal seringkali yang jadi penyebab gemuk adalah kebiasaan makannya bukan waktu makannya.

Banyak ahli gizi menyarankan untuk tetap makan sarapan untuk menurunkan berat badan.

Bagi mereka yang berharap untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik dari diet mereka dan menurunkan berat badan, lebih baik untuk mengatur kebiasaan sarapan yang lebih cerdas dan lebih seimbang di pagi hari.

Lakukan kebiasaan sarapan berikut untuk mendapatkan perut langsing dan menurunkan berat badan.

1. Fokus pada protein

Mengutip Eat This, dalam kaitannya dengan penurunan berat badan, protein memastikan perut kita merasa kenyang lebih lama.

“Protein adalah makronutrien utama untuk rasa kenyang. Artinya,makan sarapan kaya protein adalah cara terbaik untuk memulai kebiasaan makan Anda hari ini,” kata Serena Poon, ahli gizi bersertifikat dan koki selebriti.

“Protein memiliki efek termis yang lebih tinggi daripada makronutrien lainnya, yang berarti tubuh Anda menggunakan lebih banyak energi untuk mencerna makronutrien ini daripada lemak atau karbohidrat.”

Beberapa jenis sarapan yang mengandung protein adalah telur, sosis ayam, yogurt, keju dan lainnya.

2. Makan setelah olahraga

Heather Moday, seorang penulis dan dokter kedokteran fungsional integratif menyarankan untuk makan setelah olahraga, bukan sebelum olahraga.

Diungkapkan dia, tubuh manusia memiliki banyak simpanan glikogen, -bahan bakar untuk membantu kami melakukan olahraga sedang selama 30 hingga 60 menit.

“Ketika kita berolahraga dalam keadaan puasa, kita membakar glikogen yang tersimpan ini, jadi kita lebih mungkin membakar lemak untuk bahan bakar,” jelasnya.

“Ada juga efek ‘afterburn’ untuk berolahraga di mana tingkat metabolisme Anda meningkat setelah berolahraga selama beberapa jam, jadi Anda benar-benar akan membakar lebih banyak kalori setelah berolahraga saat Anda mengisi bahan bakar,” katanya.

3. Jangan lupa minum air putih

Banyak orang yang memilih minum kopi dibandingkan air putih.

“Tetap terhidrasi mendukung pencernaan yang sehat, yang dapat menyebabkan berat badan dan penampilan perut yang sehat,” kata Poon.

“Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, minum banyak air dapat membantu Anda mencapai tujuan kesehatan Anda,” katanya.

4. Jangan sarapan terlalu pagi

Jam berapa Anda biasa sarapan? ketika mencoba menurunkan berat badan, ada baiknya menunda sarapan dengan metode puasa intermiten.

Moday mengatakan ini tidak berarti Anda melewatkan brekkie sama sekali, sebaliknya, Anda bertujuan untuk memastikan Anda berpuasa semalaman setidaknya selama 12 jam.

“Ilmu di balik ini adalah bahwa setiap kali kita makan, insulin kita melonjak sebagai respons terhadap peningkatan gula darah,” kata Moday.

“Ini memberi tahu tubuh kita bahwa kita memiliki banyak bahan bakar, jadi kita tidak perlu memanfaatkan simpanan lemak,” lanjutnya.

5. Makan sayur

Sayur biasanya bukan menu favorit saat sarapan. Padahal penuh dengan antioksidan, fitonutrien, dan yang paling penting, serat, yang membuat Anda merasa lebih cepat kenyang.

“Serat juga mendukung keseimbangan dalam mikrobioma usus Anda, yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan yang berkelanjutan,” kata Poon.

“Sayuran juga dapat mengandung nutrisi yang dapat mengurangi perut kembung, seperti potasium dan magnesium yang ditemukan dalam sayuran hijau yang dapat membantu tubuh Anda menyeimbangkan kadar natrium,” katanya.

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement