Connect with us

Daerah

Ramai Ajakan Aksi Demo Tolak PPKM Darurat di Jawa Barat, Polda Jabar Siapkan Pengamanan

Diposting

pada

INFOKA.ID – Sejumlah poster ajakan turun ke jalan menolak PPKM Darurat tersebar di media sosial dalam beberapa hari ini. Pada poster dan selebaran tersebut akan ada unjuk rasa secara masif pada Rabu 21 Juli 2021 di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Sedikitnya ada 4 daerah di Jawa Barat yang rencananya bakal melakukan aksi unjuk rasa menolak PPKM Darurat tersebut. Semisal di Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kabupaten Garut dan Kota Banjar.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi Chaniago memastikan, jajaran polres di masing-masing wilayah sudah menyiapkan pengamanan terkait adanya rencana aksi unjuk rasa tersebut.

“Pada prinsipnya, para kapolres di wilayah sudah mempersiapkan rencana pengamanan, kemudian mereka juga sedang melakukan penggalangan untuk mengetahui kira-kira apa tujuan dan sebagainya,” ujar Erdi Chaniago seperti diikutip Pikiran-Rakyat.com, Selasa (20/7/2021).

Menurut Erdi Chaniago bahkan informasi lokasi yang menjadi titik aksi di sejumlah daerah itu masih berubah-ubah. Biasanya, kata dia, unjuk rasa semacam ini lokasinya bakal terfokus di kantor pemerintahan.

“Biasanya mereka itu melakukan aksinya itu di pemerintah daerah setempat, tentunya dari setiap polres akan menentukan titik-titik dan pola pengamanan, mulai dari titik mereka berkumpul dan bergerak di mana, dilakukan kegiatan pengamanan di lapangan baik itu pengamanan terbuka dan tertutup,” katanya.

Personel dari Polda Jabar pun, kata dia, bakal disiapkan untuk mendukung pengamanan jika diperlukan.

“Sejauh ini belum, karena sudah dipersiapkan oleh Polres masing-masing namun kita dari Polda siap, kita selalu on call kalau dari satuan setempat membutuhkan bantuan,” ucapnya.

“Perkembangan yang dinamis dari demo kalau memang sekiranya ada (demo) kita sudah memiliki rencana kegiatan,” ucapnya.

Oleh karena itu Erdi Chaniago pun mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aksi besok agar menyampaikan aspirasinya dengan aman dan tertib.

“Serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penyebaran Covid-19,” ucapnya.

“Kita menyampaikan bahwa kegiatan itu boleh, tapi kan prokes harus tetap dilaksanakan, kita selalu mengimbau di situasi pandemi ini bentuk penularannya tidak sama seperti beberapa waktu lalu, sekarang ini sangat cepat dan teman-teman yang akan demo harus mengetahui itu,” katanya. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement