Connect with us

Regional

Pemkab Garut Beri Bantuan Modal Rp 1 Juta Untuk 2000 UMKM

Published

on

INFOKA.ID – Pemda Garut akan memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bantuan mulai didistribusikan awal Desember mendatang.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Garut Nurrodhin mengatakan, Pemda akan memberikan bantuan berupa uang kepada para pelaku usaha kecil.

“Ada bantuan dari DID Kabupaten Garut. Insya Allah akan disebarkan di awal bulan Desember,” ucap Nurrodhin, Rabu (25/11/2020).

Dilansir dari detikcom, bantuan modal untuk UMKM berasal dari Dana Insentif Daerah (DID). Nurrodhin menjelaskan, ada sekitar 2 ribu pelaku usaha yang dapat suntikan dana dari pemerintah daerah.

Mereka yang mendapat bantuan adalah pelaku usaha yang tidak kebagian dana Bantuan untuk Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah pusat. Masing-masing dari mereka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta.

“Bantuan akan diberikan kepada dua ribu pelaku UMKM sebesar Rp 1 juta. Bagi mereka yang tidak mengikuti bantuan BPUM, bisa mendaftarkan diri di program DID,” katanya.

Nurrodhin menambahkan, UMKM mendapat perhatian dari Pemda Garut. Sebab, usaha mereka sangat terdampak pandemi COVID-19. Bahkan, kata Nurrodhin, banyak UMKM di Garut yang mengalami penurunan omzet yang cukup drastis.

Selain memberi suntikan modal, Pemda juga memberi bantuan berupa pembinaan pembuatan kemasan hingga membantu proses perizinan sertifikat halal.

“Yang jelas yang sangat terdampak adalah UMKM. Di mana saat oandemi ini banyak usaha mikro yang gulung tikar. Hal ini jadi perhatian pemerintah” tutup Nurrodhin. (*)

Sumber: Detikcom

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement