Connect with us

Nasional

Menhan: Alutsista Kita Sudah Tua

Diposting

pada

NFOKA.ID – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) adalah hal yang mendesak dan harus segera dilakukan.

Berbagai peralatan tempur yang digunakan tiga matra pertahanan negara, yakni TNI AL, AU, dan AD sudah cukup tua dan mendesak diganti.

“Banyak alutsista kita sudah tua, sudah saatnya, memang mendesak harus diganti,” kata Prabowo di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Lebih lanjut Prabowo menuturkan, berbagai rencana terkait pemenuhan alutsista dan soal anggaran saat ini masih digodok bersama Bappenas, Kementerian Keuangan, dan pihak lain.

Ia memastikan semua kebutuhan penting dipenuhi demi menghadapi semua dinamika di masa depan.

“Kebutuhan-kebutuhan sangat penting dan kita siap menghadapi dinamika lingkungan strategis yang berkembang dengan sangat pesat,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menyebut dia banyak menjelaskan perihal rencana anggaran untuk 2022 saat rapat bersama DPR Komisi I.

“Ya tadi kita beri penjelasan tentunya fokusnya adalah anggaran 2022. Tapi tentunya saya diminta menjelaskan tentang konsep rencana induk ke depan kita sudah menyusun itu, ya kita sering bahas, banyak pertanyaan,” katanya.

Prabowo diketahui mengikuti rapat dengan Komisi I DPR bidang pertahanan membicarakan sejumlah rencana modernisasi alutsista.

Sejumlah hal yang dibahas termasuk soal pembelian alutsista senilai Rp1,7 kuadriliun yang belakangan ini menjadi sorotan.

Besarnya anggaran itu tercantum dalam Rancangan Perpers tentang Pembelian Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan.

Dokumen dengan anggaran pembelian alutsista dalam jenjang waktu 2020-2024 sebanyak US$ 124.995.000.000 atau setara Rp1,7 kuadriliun itu tersebar ke publik. Dalam dokumen itu dijelaskan, pemenuhan akan menggunakan sistem pinjaman ke luar negeri dengan rentang pembayaran hingga 2044.

Meski begitu, pihak Kemhan menampik. Kata mereka dokumen yang saat ini kadung bocor itu adalah rancangan dan belum masuk tahap final. (*)

Sumber: CNNIndonesia

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement