Connect with us

Regional

Jika Bukan ODGJ, Pria yang Serang Warga Pakai Cangkul di Garut Terancam 15 Tahun Penjara

Published

on

INFOKA.ID – Icang (45), pelaku penyerangan warga pakai cangkul sehingga mengakibatkan satu korban tewas terancam dihukum 15 tahun tahun penjara. Peristiwa penyerangan terjadi di Kampung Cijolang Babakan, Desa Cijolang, Kabupaten Garut, Kamis (12/5/2022),

Hukuman berat itu harus dijalani Icang jika tersangka dinyatakan tidak mengalami gangguan kejiwaan atau bukan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Garut AKP Dede Sopandi mengatakan, pelaku akan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat di Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Jika Dokter di RSJ Cisarua menyatakan, tersangka memiliki akal sehat atau bukan ODGJ, maka Icang akan menjalani proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Tersangka akan dibawa ke RSJ untuk diperiksa kejiwaannya,” kata AKP Dede Sopandi, Jumat (13/5/2022).

Berdasarkan pemeriksaan awal, Icang melakukan pembunuhan dilatarbelangi melakukan penyerangan terhadap korban Dede Parman (40).

Korban merasa terganggu oleh anak-anak yang memukul-mukul kaleng dan ember bekas. Korban menegur anak-anak yang membuat kegaduhan itu. Tiba-tiba pelaku Icang menyerang Dede Parman.

“Jadi pelaku melakukan penganiayaan yang menyebabkan luka berat, serta hilangnya nyawa orang. Pelaku menghantam kepala korban dengan cangkul,” tuturnya.

Selain membunuh tetangganya, Icang pun menganiaya neneknya Iting (80) hingga mengalami luka dan pendarahan pada hidung. Ketika itu, Iting berusaha menghentikan aksi tersangka.

“Barang bukti berupa cangkul sudah kami amankan. Sementara jumlah saksi dalam kasus ini ada sebanyak empat orang,” ucap AKP Dede Sopandi.

Tersangka pembunuh itu dijerat Pasal 338 KUHP juncto Pasal 351 ayat (2) dan ayat (3) KUHP. Pada pasal 338 KUHP, dengan hukuman penjara selama 15 tahun. Sementara Pasal 351 ayat (2) KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

“Tersangka melanggar pidana dengan penganiayaan yang menyebabkan luka berat dan hilangnya nyawa orang,” ujar AKP Dede Sopandi.

Sebelumnya, seorang pria asal Garut ngamuk dan menyerang dua warga menggunakan cangkul. Salah satu korban meninggal dunia.

Diketahui, peristiwa tragis itu terjadi di Kampung Cijolang Babakan, Desa Cijolang, Kabupaten Garut, Kamis (12/5/2022) pada Kamis (12/5/2022) sekitar pukul 07.00 WIB.

Kejadian ini membuat gempar warga. Pelaku icang menghantamkan cangkul ke kepala korban Dede Parman, tetangganya sendiri hingga tewas.

Warga kemudian meringkus Icang dan menyerahkannya ke petugas Polsek Limbangan dalam kondisi tangan dan kaki terikat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement