Connect with us

Nasional

Indonesia Terima tambahan 3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS

Diposting

pada

INFOKA.ID – Republik Indonesia Kembali kedatangan vaksin Covid-19. Pada kedatangan kali ini sebanyak 3,5 juta Vaksin Covid-19 dengan merk Moderna tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, dari Amerika Serikat pada, Minggu, (1/8/2021).

Jumlah tersebut menambah 4.5 juta dosis vaksin Moderna yang telah disumbangkan sebelumnya oleh AS pada bulan Juli.

“Untuk memperlambat lonjakan kasus ini, menjadi penting untuk bekerja cepat dan mendapatkan sebanyak mungkin vaksin yang aman dan efektif agar dapat diberikan kepada masyarakat secepatnya,” kata Dubes Kim dalam keterangannya yang dilansir dari Antara, Minggu (1/8/2021).

“Amerika Serikat dengan bangga dan gembira dapat mengambil peran untuk membantu mengakhiri pandemi Covid-19 dengan kontribusi dosis vaksin ke Indonesia. Kami akan terus mendukung upaya Indonesia menyediakan vaksin dan membantu Indonesia untuk bergerak lebih dekat menuju pembukaan kembali ekonomi yang aman,” ujar dia.

Donasi vaksin tersebut dikirim melalui COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung pemberian akses yang merata terhadap vaksin Covid-19.

AS memberikan kontribusi bersejarah senilai 4 miliar dolar dari rakyat Amerika melalui Gavi, Aliansi Vaksin untuk COVAX AMC. Kontribusi AS mendukung pembelian dan pengiriman vaksin Covid-19 untuk 92 negara, termasuk Indonesia.

Hingga hari ini, AS telah menginvestasikan 47 juta dolar untuk mendukung upaya Indonesia meningkatkan pelayanan vaksinasi, mempercepat testing dan pelacakan kasus, berbagi informasi faktual, dan meningkatkan kapasitas dan pelayanan fasilitas kesehatan.

Kontribusi AS mencakup lebih dari 1.000 unit ventilator yang saat ini digunakan di 600 rumah sakit di Indonesia.

Sementara, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan sangat mengapresiasi pemerintah Amerika Serikat atas dukungan tambahan vaksin Moderna .

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Amerika Serikat atas dukungan tambahan vaksin Moderna,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam pernyataannya.

Dengan tambahan vaksin tersebut, Indonesia kata Retno telah menerima 178.357.880 dosis vaksin Covid-19, yang di antaranya sebanyak 144.700.280 dosis merupakan vaksin curah atau bulk sementara 33.657.600 dosis berbentuk vaksin jadi.

“Kalau kita pilah dari sisi sumbernya, maka dari Covax facility saat ini Indonesia telah menerima pengiriman sebesar 19.704.960 dosis vaksin secara gratis dan semuanya merupakan vaksin yang sudah jadi,” tuturnya

Menlu mengatakan, pemerintan akan terus bekerja keras untuk mengamankan ketersediaan vaksin bagi program vaksinasi di Indonesia.

Pada Agustus ini, kata dia, sejumlah vaksin akan datang melalui pengadaan bilateral maupun multilateral.

“Insya Allah, di bulan Agustus ini akan ada serangkaian ketibaan vaksin di Indonesia,” pungkasnya. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement