Connect with us

Daerah

Gubernur Jabar Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Maret 2022

Diposting

pada

INFOKA.ID – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta semua warga Jabar untuk mewaspadai cuaca ekstrem hingga Maret 2022. Ia menyebut dalam rentang waktu tersebut diperkirakan banjir dan longsor akan sering terjadi.

“Saya minta waspada sampai bulan Maret 2022 ada curah hujan yang lebih tinggi dan tidak biasa yang punya potensi longsor dan banjir lebih sering,” kata Ridwan Kamil, Senin (15/11/2021).

Sebelumnya, Ridwan Kamil sudah menetapkan status siaga 1 untuk 27 kabupaten kota di Jawa Barat.

Dia mengatakan untuk mengantisipasi bencana akibat cuaca ekstrim tersebut pihaknya meminta aparat kewilayahan untuk menggelar apel rutin kesiapsiagaan bencana.

“Mohon apel siaga dengan Muspida untuk kesiapsiagaan terhadap potensi bencana,” pintanya.

Sebelumnya, Kang Emil bersama BPBD Provinsi Jawa Barat berkesempatan meninjau lokasi longsor tepatnya di wilayah RT 01 RW 03 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Dalam peristiwa yang terjadi pada 2 November 2021 lalu itu tiga rumah warga mengalami rusak berat dan korban luka.

“Menurut laporan biasanya rawan pergerakan tanah itu di bulan Maret pada saat akumulasi hujan berbulan-bulan. Ini baru di bulan November tanahnya udah serapuh itu,” kata Kang Emil.

Gubernur minta pemda kabupaten/kota melalui dinas – dinasnya aktif memantau titik-titik rawan bencana seperti sungai dan daerah pergerakan tanah.

Apabila menemukan ada retakan tanah di deretan rumah warga yang lokasinya berada di pinggiran sungai agar segera dievakuasi.

“Jangan menunggu terjadi korban atau bencana,” tegasnya. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement