Connect with us

Regional

Gelombang Tinggi Perairan Selatan Jabar, Nelayan Diminta Waspada

Published

on

INFOKA.ID – Gelombang tinggi diprediksi akan terjadi di perairan Selatan Jawa Barat sejak 7 Desember hingga 13 Desember mendatang. Ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 1,5 meter sampai 5 meter.

Staf Observatori Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Wilayah Palabuhanratu, Andy Rachmadan. Berdasarkan rillis yang dikeluarkan BMKG, gelombang tinggi diperairan selatan Jawa Barat cukup tinggi.

“Perkiraan dari BMKG gelombang tinggi berlangsung sejak 7 Desember sampai 11 Desember 2020, ketinggian gelombang mencapai 1,5 meter – 5 meter sudah terjadi sejak 7 Desember hingga 13 Desember,” kata Andy, Selasa (8/12/2020), dilansir dari Detikcom.

Berdasarkan rincian prediksi ketinggian gelombang yang di keluarkan BMKG, sudah terjadi sejak 7 Desember yakni diprediksikan 1,5 -5 meter, 8 Desember 1,5 -4 meter, 9 Desember 1,5 -4 meter, 10 Desember sampai 12 Desember gelombang mencapai 1,5 – 3 meter, 13 Desember 2 -3 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Andy.

“Saran keselamatan harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, terutama perahu nelayan kalau kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m, Kapal Tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m,” sambungnya.

Selain itu peringatan waspada juga ditujukan kepada Kapal Ferry Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m.

“Kami menghimbau juga kepada nelayan sementara waktu bisa menunda pelayaran nya, guna mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan akibat gelombang tinggi,” pungkas Andy. (*)

Sumber: Detikcom

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement