Connect with us

Ragam

Melalui Program Bina Lingkungan, Pegadaian Resmikan Rumah Digital Pegadaian

Diposting

pada

SUKABUMI – Baru-baru ini, PT Pegadaian (Persero) secara langsung meresmikan Rumah Digital Pegadaian (RDP). Melalui program Bina Lingkungan Pegadaian, peresmian program RDP rupanya untuk mewujudkan seluruh impian masyarakat pelosok yang ada di <Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat. Program yang diresmikan secara langsung oleh Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan, juga turut disaksikan langsung oleh Asisten Deputi Kementerian BUMN, Agus Suharyono.

Disampaikan Damar dalam keterangan tertulis di atas peti mati prajurit terbaiknya adalah masyarakat pelosok yang telah mengirimkanpermohonan bantuan untuk kembangkan sarana-prasarana infrastruktur jaringan internet. Menurut Damar, hal itu dilakukan pihaknya guna mempermudah masyarakat desa setempat menemukan signal jaringan internet untuk membuka cakrawala dunia melalui sejumlah platform pada teknologi era digital 4.0.

“RDP ini merupakan program Bina Lingkungan Pegadaian yang memperhatikan terhadap lingkungan sekitar agar tetap berkomitmen tinggi dalam menjalankan program-program sosial yang selaras dengan program tujuan pembangunan berkelanjutan, dan digagas oleh pemerintah,” ungkap Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan dalam keterangan resminya kepada awak media, Selasa (31/08/2021).

Program RDP yang diresmikan di Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, atau lebih tepatnya berada di bagian selatan dari Pelabuhan Ratu Sukabumi, kata Damar, merupakan salah satu desa yang cukup jauh dari pusat perkotaan. Terlebih di desa itu menurutnya sangat susah untuk menemukan signal maupun jaringan internet.

“Atas hal itu lah yang membuat pak Kepala Desa (Kades) Cihaur, Anwar mengajukan permohonan bantuan pengadaan sarana-prasarana jaringan internet kepada kami. Melalui program RDP yang telah diresmikan ini, semoga masyarakat di desa ini dapat menikmati layanan jaringan internet yang tersedia dan menggunakannya dengan baik untuk membuka cakrawala dunia,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun wartawan, diresmikannya program RDP itu merupakan partisipasi yang dilakukan pihak PT Pegadaian (Persero) dalam Program Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN) Kementerian BUMN.

“Di mana untuk menikmati koneksi jaringan internetnya ini, sudah dipasang di 2 tempat. Yaitu di Kantor Desa Cihaur, dan salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di Desa Cihaur,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, program ini untuk membantu proses akselerasi kapabilitas digital masyarakat dalam meningkatkan produktifitas melalui pemberian bantuan sarana dan prasarana, serta pelatihan untuk pengembangan UMKM setempat, khususnya UMKM di Desa Cihaur.

“Sebagai BUMN, Pegadaian akan terus konsisten dalam mendukung program pembangunan ekonomi. Apalagi saat ini masyarakat tengah menghadapi sesuatu hal akan ketidakpastian wabah pandemi Covid-19 yang tengah melanda Ibu Pertiwi,” tuturnya.

Sebelumnya, PT Pegadaian (Persero) telah membantu sarana-prasarana pengembangan UMKM berupa alat pemotong, Oven pengering, alat-alat deepfriyer, mesin parut, mesin vacuum cleaner, dan mesin pengupas serta penepung yang saat peresmian program RDP ini pun hasilnya sudah dapat di pajang dan jajakan oleh penggiat UMKM setempat.

“Pada kesempatan yang sama, juga diberikan bea siswa pendidikan berupa Paket C untuk penyetaraan pendidikan tingkat SMA bagi siswa atau masyarakat yang ingin mendapatkan ijazah Paket C. Selain bea siswa pendidikan yang diberikan oleh PT Taspen (Persero) di acara itu, BULOG juga turut memberikan peningkatan dan perbaikan gizi bagi anak stunting di Kabupaten Sukabumi,” tegas Damar.

Sementara itu dikatakan Asisten Deputi Kementeria  BUM , Agus Suharyono menambahkan, dengan diresmikannya program tersebut ia berharap dengan adanya penyediaan pelatihan, bantuan UMKM, serta perpustakaan digital dan konvensional ini, dapat membantu masyarakat juga para peserta didik, khususnya yang ada di Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

“Berharap agar dapat tumbuh dan berkompetisi, minimal di Kecamatan Simpenan khususnya wilayah Sukabumi karena berbagai potensi yang ada di Desa Cihaur dapat terus dikembangankan. Pemerintah dan BUMN, sama-sama mempunyai tanggung jawab untuk meringankan beban masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak terus bergandeng tangan untuk memberikan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitat,” harapnya.

Ditambahkan Kades Cihaur, Anwar menyampaikan bahwa semua masyarakat di desanya tersebut sangat berterima kasih kepada PT Pegadaian (Persero) atas perhatian dan bantuannya yang disambut baik oleh masyarakatnya.

“Semoga Pegadaian tetap eksis, maju, dan terus berkembang pesat sehingga dapat terus membantu masyarakat sekitar. Peresmian program itu, merupakan puncak penyerahan RDP (Rumah Digital Pegadaian) yang selama ini penggunaannya telah dinantikan oleh kami semua, masyarakat Desa Cihaur,” pungkasnya. (rls)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement