Connect with us

Kesehatan

Makan Ubi Jalar Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Diposting

pada

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Ubi jalar adalah sayuran akar dengan rasa manis yang ditanam di seluruh dunia. Terdapat berbagai ukuran serta warna dari ubi jalar, termasuk oranye, putih, dan ungu.

Ubi jalar baik untuk kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan atau imun tubuh. Umbi-umbian ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, antioksidan, serta serat yang dapat memberi sejumlah manfaat kesehatan.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, berikut manfaat ubi jalar untuk kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Bantu kesehatan usus

Serat dan antioksidan dalam ubi jalar bermanfaat untuk kesehatan usus. Sebagaimana dilansir Healthline, ubi jalar mengandung dua jenis serat: larut dan tidak larut.

Beberapa jenis serat larut yang dikenal sebagai serat kental menyerap air dan melunakkan tinja. Sementara antioksidan dalam ubi jalar juga dapat memberikan manfaat usus.

Studi tabung reaksi telah menemukan bahwa antioksidan dalam ubi jalar ungu mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat, termasuk spesies Bifidobacterium dan Lactobacillus tertentu.

Jumlah yang lebih besar dari jenis bakteri ini di dalam usus dikaitkan dengan kesehatan usus yang lebih baik dan risiko kondisi yang lebih rendah seperti sindrom iritasi usus (IBS) dan diare menular.

2. Bantu kesehatan mata

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, antioksidan yang bertanggung jawab atas warna oranye cerah sayuran.

Ubi jalar oranye berukuran 200 gram yang dipanggang dengan kulitnya menyediakan lebih dari tujuh kali jumlah beta-karoten yang dibutuhkan rata-rata orang dewasa per hari.

Beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda dan digunakan untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya di dalam mata Anda.

Ubi jalar ungu juga tampaknya memiliki manfaat penglihatan.

Studi tabung reaksi telah menemukan bahwa anthocyanin atau antosianin yang mereka berikan dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin penting bagi kesehatan mata secara keseluruhan.

3. Tingkatkan fungsi otak

Manfaat ubi jalar ungu dapat meningkatkan fungsi otak. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa anthocyanin atau antosianin dalam ubi jalar ungu dapat melindungi otak dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Melengkapi dengan ekstrak ubi jalar kaya antosianin telah terbukti meningkatkan pembelajaran dan memori pada tikus, mungkin karena sifat antioksidannya

Tidak ada penelitian yang dilakukan untuk menguji efek ini pada manusia, tetapi secara umum, diet kaya buah-buahan, sayuran, dan antioksidan dikaitkan dengan risiko penurunan mental dan demensia 13 persen lebih rendah.

4. Tingkatkan daya tahan tubuh

Ubi jalar oranye adalah salah satu sumber alami beta-karoten terkaya, senyawa nabati yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan kadar darah yang rendah telah dikaitkan dengan penurunan kekebalan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A meningkatkan peradangan usus dan mengurangi kemampuan sistem kekebalan Anda untuk merespons dengan baik potensi ancaman.

5. Cegah obesitas

Menurut WebMD, manfaat ubi jalar ungu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah sel-sel lemak tumbuh, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement