Connect with us

Kesehatan

Ketahui Jenis Sarapan yang Turunkan Daya Tahan Tubuh

Diposting

pada

INFOKA.ID – Sistem imunitas yang kuat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Sistem imun tubuh dapat mencegah penyakit dari infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, hingga kehilangan energi.

Untuk meningkatkan sistem imunitas, pastikan Anda mengonsumsi sarapan yang baik untuk tubuh. Salah memilih sarapan bisa berakibat fatal karena dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, sarapan adalah kunci imunitas yang kuat. Hindari sarapan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Berikut kriteria sarapan yang menurunkan daya tahan tubuh seperti dilansir CNNIndonesia.com.

1. Terlalu banyak gula atau makanan manis

Roti dengan taburan meses yang disiram susu kental manis memang terlihat menggoda di pagi hari. Namun, kandungan gula yang tinggi justru bisa merusak sistem kekebalan tubuh.

Gula yang tinggi juga bisa meningkatkan berat badan dan menaikkan kadar gula darah. Kondisi ini bisa memicu banyak penyakit.

2. Karbohidrat olahan

Dikutip dari Eat This, karbohidrat olahan seperti pancake atau wafel juga bisa merusak daya tahan tubuh. Studi yang dipublikasikan di Nature Communications menunjukkan kandungan fruktosa yang tinggi bisa meningkatkan inflamasi yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

3. Rendah serat

Sarapan yang rendah serat juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Serat baik untuk bakteri yang terdapat dalam sistem pencernaan. Bakteri ini mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

4. Tidak ada protein

Kandungan protein juga penting untuk membentuk imunitas. Protein merupakan sumber energi penting untuk tubuh. Pastikan Anda selalu memasukkan sumber makanan yang tinggi protein dalam sarapan.

5. Porsi berlebihan

Perhatikan juga porsi dan kalori yang dikonsumsi saat sarapan. Porsi yang berlebih dikaitkan dapat meningkatkan obesitas. Kondisi ini dapat melemahkan daya tahan tubuh.

Itulah jenis sarapan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Hindari jenis sarapan ini dan konsumsi makanan sehat untuk sarapan. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement