Connect with us

Regional

Jelang Idul Fitri, Disdag Sumsel Sidak Sejumlah Swalayan di Palembang

Published

on

PALEMBANG – Dalam rangka pengawasan barang beredar, kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah swalayan distributor di wilayah Palembang, Senin (25/3/2024).

“Hari ini pihak kami melakukan Sidak dalam rangka pengawasan barang beredar kemasan Parsel menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengecek keberadaan makan yang layak dan tidaknya, dari kekeberadaan masa berlakunya, begitupun kebutuhan bahan pokok lain nya tak luput dari pengawasan kami,” kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Henny Yulianti melalui Kabid Perlindungan dan Tertib Niaga RM Fauzi.

“Kemasan makanan atau minuman yang layak, tidak karat atau penyot yang dapat mengganggu keberadaan isinya baik makanan maupun minuman, “ungkap Fauzi.

Di PTC lotte Mart Pertokoan PTC Lotte Mart, 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, tim mendapat salah satu paket makanan biskuit yang telah habis masa berlakunya.

“Tanggal kedaluwarsa (expiration/exp) produk akan tidak layak dikonsumsi lagi setelah melewati tanggal ini, sebaiknya makanan langsung dibuang,” tegas Fauzi.

KSP Kwaliti Service lotte Mart Bayu Seta Istabella mengaku biasanya jarak 2 bulan sebelum masa kaduluarsa pihaknya menarik dan memusnahkan sendiri makanan yang sudah kadaluarsa.

“Kita sendiri menghancurkannya, hanya telat diambil si etalase sehingga bercampur dengan yang baru,” kata Bayu.

Di lokasi yang sama pusat perbelanjaan Farmers Market, tim sidak mengecek langsung gudang tempat penyimpanan barang produk yang sudah tak layak jual.

Sidak selanjutnya menyisir Indo Grosir di Kecamatan Sako, Kota Palembang. Di sini tim mendapatkan produk dengan kemasannya yang rusak seperti produk susu dan ikan kaleng/sarden.

Hal itu mendapat atensi dari tim Sidak Dinas perdagangan, agar produk tersebut tidak untuk dipajang atau dijual.

“Produk itu jangan lagi ada di etalase untuk di jual ke konsumen harap untuk pihak pengelola Indo Grosir lebih memperhatikan lagi,” papar Fauzi dihadapan manajer serta para staf pegawai Indo Grosir. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement