Connect with us

Gaya Hidup

Ini Penyebab Selalu Ngantuk Usai Makan

Published

on

INFOKA.ID – Ngantuk setelah makan adalah hal normal. Namun, kondisi ini sebenarnya dalam istilah medis disebut kantuk postprandial.

Kondisi ini disertai gejala menguap dan timbul rasa tidak nyaman di perut, sehingga dapat mengganggu aktivitas. Lantas apa sih penyebabnya?

Dikutip Detikcom dari Time, profesor ilmu kesehatan di Universitas Kyorin Jepang Dr Tomonori Kishino, mengatakan bahwa penyebab timbul rasa kantuk setelah makan karena adanya perubahan sirkulasi darah ke usus kecil. Saat darah dipompa ke usus memicu pencernaan, akan terjadi penurunan aliran darah ke otak yang memicu rasa kantuk.

Pendapat senada juga disampaikan profesor ilmu saraf William Ja. Menurutnya, secara alamiah manusia memiliki sinyal kewaspadaan yang membuat mereka tetap terjaga dan waspada saat lapar.

Sinyal ini memberikan tanda bahwa manusia harus mengkonsumsi makanan sehingga saat makan banyak, sinyal rasa waspada menghilang dan digantikan oleh lelah dan rasa kantuk.

Sebuah studi pada 2018 menemukan bahwa mengkonsumsi sayuran dan lemak sehat seperti minyak zaitun dan produk susu cenderung mengalami lebih sedikit rasa kantuk setelah makan, daripada mengkonsumsi daging olahan dan makanan cepat saji.

Hindari asupan karbohidrat yang berat karena berpotensi memicu kantuk dengan mengganggu ritme tidur sirkadian alami tubuh. (*)

Sumber: Detikcom

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement