Connect with us

Kesehatan

Begini Waktu Terbaik untuk Sahur agar Tubuh Tetap Kuat Puasa

Published

on

INFOKA.ID – Ada banyak tipe orang saat makan sahur. Ada yang memilih untuk cepat-cepat makan sahur agar bisa tidur lebih cepat atau ada yang memilih sahur mepet imsak. Kapan waktu terbaik sahur?

Dokter Spesialis Gizi Klinik Universitas Indonesia Diana Felicia Suganda menyebut bahwa waktu terbaik makan sahur adalah mendekati imsak. Dia juga menyarankan untuk tidak sahur lebih awal atau beberapa jam menjelang waktu sahur seharusnya.

“Sahur kalau lebih cepat artinya waktu kita kosong alias berpuasa lebih panjang,” ujar Diana dikutip dari Antara.

Waktu terbaik sahur sebaiknya dilakukan mendekati imsak supaya jarak dengan berbuka tidak lebih dari 13-14 jam.

Bila Anda sahur sekitar pukul 03.00-04.00 maka Anda berpuasa sekitar 13-14 jam hingga waktu berbuka puasa pukul 18.00.

“Pengaruhnya untuk orang-orang dengan masalah gula darah ya biasanya jadi lebih berat kalau lewat dari jam makannya, waktu berpuasa lebih panjang akhirnya gula darahnya keburu drop,” jelas Diana.

Di sisi lain, sahur lebih awal misalnya pukul 24.00 demi menghindari bangun sahur pukul 03.00 bisa mengganggu jam biologis tubuh.

“Semua sudah ada penelitiannya, rekomendasinya kapan kita harus makan saat bulan puasa. Jadi sebaiknya sahurnya tidak jam 24.00 atau dijadikan makan malam. Sewajarnya saja kita sahur sesuai jam menuju imsak dan saat berbuka puasa,” ucap Diana soal waktu terbaik sahur setiap hari saat menjalankan puasa Ramadhan. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement