Connect with us

Hiburan

Ardhito Pramono Terinspirasi Gempi Untuk Bikin Lagu Anak

Diposting

pada

INFOKA.ID – Ardhito Pramono merilis single baru berjudul Something New yang merupakan salah satu lagu dari album anak Semar & Pasukan Monyet. Pria kelahiran 22 Mei 1995 itu memang telah sejak lama berencana mengeluarkan lagu anak.

Dilansir dari Detikcom, menurut Ardhito Pramono, keinginannya untuk menggarap album yang berisikan lagu-lagu anak muncul dari keprihatianannya atas kurangnya lagu anak.

Akan tetapi, Ardhito Pramono baru yakin untuk merilis album berisikan lagu anak sejak Gempita Nora Marten atau Gempi, yang merupakan anak dari Gading Marten dan Gisella Anastasia, mengaku menyukai lagu-lagunya.

“Sebenarnya kalau kemauan sudah dari dulu, tapi baru yakin saat gempi ngedengerin lagu gue, terus habis itu dia ternyata juga ngulik, dia juga hapal liriknya,” ungkap Ardhito Pramono.

Ketika mengetahui ada seorang anak kecil yang menghapal lirik dari lagu-lagunya, musisi berkaca mata itu pun berpikir bahwa tidak seharusnya anak kecil mendengarkan lagu-lagu orang dewasa. Akhirnya, ia pun bertekad untuk membuat lagu yang liriknya khusus ditulis untuk anak-anak.

“Harus diperhatikan ya calon-calon penerus bangsa ini, seperti angkatannya Gempi, generasi-generasi temannya Gempita itulah yang harus dikasih edukasi yang benar kalau nggak lagu-lagu dewasa akan terus masuk ke kuping mereka dan itu menyedihkan,” kata Ardhito.

Untuk menggarap lagu anak, Ardhito Pramono mencoba melakukan riset selama sebulan pada keponakannya yang masih balita. Dari pengamatannya terhadap keponakannya itu, dia menyadari anak-anak cenderung menyukai lagu-lagu dengan nada swing dan lirik yang diulang-ulang. Formula itu yang digunakan Ardhito dalam lagu anak garapannya.

“Sebenarnya gue sudah melakukan beberapa research untuk lagu anak, gue ngeliatin ponakan gue, apa yang dia suka, apa yang dia nggak suka, lagu apa yang dia suka, itu kan repetisi yang selalu dilakukan penyanyinya. Mereka suka repetisi-repetisi itu dan itulah yang dilakukan oleh musisi jazz yang ada, bahkan lagu jazz yang gue bikin isinya full repetisi semua dari progresinya,” cerita Ardhito Pramono.

Dia melanjutkan, “Ternyata anak-anak suka, anak-anak suka fast swing, repetisi yang diulang-ulang, anak-anak suka mendengarkan cerita.”

Ketika Ardhito Pramono mendengarkan lagu ciptaannya pada keponakannya, rupanya keponakannya itu tampak menikmati.

“Akhirnya memberanikan diri deh tuh, bikin lagu-lagu yang banyak bahan-bahan yang gue masukin situ. Ada isunya juga, isunya tentang lingkungan. Akhirnya pas didengerin sama ponakan gue, joget-joget aja sih,” ujarnya. (*)

Sumber: Detikcom

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement