Connect with us

Daerah

Antisipasi Gelombang Ketiga, RSUD Karawang Tambah Ranjang untuk Pasien Covid-19

Diposting

pada

INFOKA.ID – RSUD Kabupaten Karawang bersiap-siap untuk antisipasi gelombang ketiga Covid-19. Sejumlah persiapan yang dilakukan RSUD Karawang yakni adalah mengubah kasur rawat inap pasien biasa untuk tempat tidur pasien Covid-19.

Prediksi ini juga sudah disampaikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

“WHO, Kemenkes dan Pak Presiden Joko Widodo mengingatkan agar setiap daerah dan rumah sakit daerah melakukan persiapan kemungkinan gelombang ketiga,” kata Plt Direktur RSU Karawang, dr Fitra Hergyana, pada Jumat (19/11/2021).

“Memperkuat strategi kesiapan dalam isu atau prediksi adanya gelombang ketiga kenaikan kasus Covid-19, dengan siap mengubah kapasitas bed rawat inap pelayanan non-covid menjadi pelayanan isolasi Covid-19,” kata Fitra.

Fitra mengatakan, jumlah bed yang akan disiapkan untuk pasien Covid-19 akan berjumlah 150. Jika itu kurang, pihaknya juga sudah mempersiapkan gedung khusus pasien Covid-19 dengan kapasitas sekira 100 pasien.

“Kita bercermin pada puncak kasus tertinggi Covid-19 pada bulan Juli 2021. Dengan persiapan itu dirasa cukup, ditambah juga kan rumah sakit swasta lainnya juga menyiapkan kamar khusus pasien Covid-19,” beber dia.

Selain persiapan kamar, kata Fitra, pihaknya mempersiapkan 78 dokter spesialis dan dokter umum untuk penanganan pasien Covid-19.

Sejumlah perawatan tambahan juga disiagakan jika terjadi lonjakan kasus.

“Tapi tentu gelombang ketiga ini tidak kita harapkan terjadi. Supaya semua ekonomi bisa pulih teman-teman kerja bisa nyaman bisa kumpul keluarga dan maksimal mencari nafkah nafkah,” kata Fitra. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement