Connect with us

Regional

Aliansi Sunda Karawang Unjuk Rasa Demo di Kantor DPRD, Tuntut Arteria Dahlan Dipecat

Published

on

INFOKA.ID – Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Sunda Karawang berunjuk rasa di kantor DPRD Karawang, Jawa Barat, Jumat (21/1/2022) menentang pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan.

Mereka datang dari kalangan pekerja seni, aktivis, budayawan dan golongan masyarakat Sunda lainnya. Dalam orasinya, mereka menuntut keras Arteria Dahlan dipecat dari anggota DPR-RI dan tuntut secara hukum atas pernyataan rasisnya terhadap orang Sunda di Indonesia.

Koordinator Aksi, Nace Permana menegaskan, apa yang disampaikan oleh Arteria Dahlan adalah sebuah kejahatan yang berpotensi memecah belah Suku Bangsa di Indonesia.

“Kita jauhkan pengacau yang berkedok anggota dewan, seorang Arteria Dahlan. Karena telah mengusik dan mencabik-cabik kebhinekaan yang ada di Indonesia,”ujarnya.

“Haram hukumnya tanah Karawang diinjaki politisi seperti Arteria Dahlan. Sekarang kita menuntut agar Arteria Dahlan di PAW, dipecat,” tutur Nace Permana, yang masih merupakan Ketua LSM Lodaya.

Selain itu, Nace juga meminta DPRD Kabupaten Karawang mendukung pemecatan Arteria Dahlan dari anggota DPR-RI serta mendesak anggota DPRD Karawang keluar kantor mendatangi massa untuk menyampaikan aspirasi.

“Jika tidak mendukung, kita pertanyakan sebagai orang Sundanya, “ujarnya.

Atas desakan dari masa aksi, Ketua DPRD bersama perwakilan dari DPRD Kabupaten Karawang mendatangi massa aksi untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Ketua DPRD Karawang, Pendi Anwar bersama unsur pimpinan DPRD lainnya keluar dan mendatangi massa.

Dari atas mobil komando Pendi Anwar menyatakan dukungan atas aspirasi yang disampaikan oleh massa yang menuntut Arteria Dahlan dipecat dari parlemen.

“Kita prihatin dengan apa yang disampaikan Arteria Dahlan. Kalimat yang disampaikan Arteria Dahlan sudah menyinggung perasaan orang Sunda. Saya dukung teman-teman yang sudah menyampaikan aspirasi ke DPRD,” kata Pendi.

Pendi juga menyatakan dukungan agar Arteria Dahlan dipecat dari DPR RI. Hanya saja masalah Arteria Dahlan sudah ditangani oleh partai sehingga masyarakat untuk menunggu.

“Biarkan kasus ini ditangani oleh partai atau aparat hukum. Kita akan mengikuti perkembangannya akan seperti apa?” katanya.

Dari pemantauan, peserta aksi saling bergantian melakukan orasi mengecam Arteria Dahlan. Aksi demo berlangsung kondusif dengan pengawalan petugas kepolisian.

Sempat terjadi kemacetan di depan Gedung DPRD, namun polisi berhasil mengurai arus lalu lintas. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement