Connect with us

Kesehatan

7 Cara Memulai Diet yang Benar

Diposting

pada

INFOKA.ID – Cara memulai diet yang benar bukan semata-mata hanya untuk menurunkan berat badan. Tapi, berkaitan juga dengan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Menerapkan pola diet yang kurang tepat bisa berdampak terhadap banyak hal. Mulai dari berat badan ‘yoyo’, masalah pencernaan, gangguan hormon, hingga malnutrisi.

Dilansir dari WebMD, menjalani diet yang benar sama halnya dengan memulai kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat dalam jangka panjang sehingga tidak menjadikannya beban atau paksaan.

Akan tetapi, proses untuk mulai melakukan diet sering kali terasa berat bagi pemula.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba cara berikut secara perlahan supaya diet terasa menyenangkan.

1. Atur pola makan

Mengubah kebiasaan makan adalah hal paling sederhana yang bisa dilakukan saat memulai diet.

Jika sebelumnya Anda gemar menyantap makanan tinggi lemak, maka Anda bisa mengurangi asupan makanan berlemak dan memperbanyak asupan buah, sayur, ikan, dan lainnya.

Apabila sudah terbiasa mengonsumsi makanan sehat bernutrisi, cari tahu total kalori harian sesuai berat badan, tinggi, dan aktivitas, untuk beradaptasi dengan diet yang dilakukan.

Contohnya, jika jumlah kalori harian 2000 Kcal, bisa kurangi sedikit demi sedikit menjadi 1800, 1600, 1400 dan seterusnya sampai tubuh Anda mampu menyesuaikan.

Mengatur pola makan bisa jadi salah satu cara memulai diet yang benar dan paling penting.

2. Mulai diet pelan-pelan

Mengubah kebiasaan baru dengan menjalani diet sehat yang benar memang tidak mudah. Terlebih, jika orang di sekitar Anda kurang mendukung.

Oleh karenanya, agar hasil diet menjadi maksimal dan efektif, sangat penting memulainya dari kebiasaan-kebiasaan kecil terlebih dulu untuk menciptakan perubahan besar nantinya.

Beberapa ahli menyebut bahwa diet dengan pola benar dan tepat umumnya membutuhkan masa adaptasi sekitar satu minggu.

Setelah itu, tinggal terus di terapkan sesuai kemampuan masing-masing supaya proses diet Anda tidak sia-sia.

3. Punya tujuan jelas

Untuk memulai diet, Anda perlu memiliki tujuan yang jelas. Jangan sampai diet dilakukan karena hanya mengikuti tren.

Sebisa mungkin Anda harus memperkuat niat bahwa menjalani diet sehat yang benar dampaknya bisa memberi kesehatan bagi tubuh sendiri.

Hal lain yang dapat dijadikan tujuan supaya lebih semangat diet adalah keinginan menurunkan ukuran pakaian lebih ideal, atau terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Perlu diingat bahwa menurunkan berat badan dengan diet memang perlu proses panjang. Normalnya, dalam satu minggu berkurang sekitar 0,4-0,9 kg dan tidak drastis.

4. Beri apresiasi

Untuk menjaga kebiasaan diet yang benar serta konsisten, sesekali beri hadiah untuk diri Anda sendiri (self reward) apabila telah mencapai target sesuai keinginan.

Hadiah kecil tersebut merupakan penghargaan serta menjadi motivasi untuk lebih maksimal lagi menjalani diet.

Salah satu contoh hadiah kecil yang bisa dilakukan adalah memanjakan diri ke salon kecantikan untuk me time.

Memperoleh apresiasi atas jerih payah sendiri untuk menjalani pola hidup sehat memang memberi kepuasan sehingga mampu meningkatkan suasana hati (mood).

5. Ikut kelas khusus

Dukungan orang-orang sekitar seperti orang tua, pasangan, keluarga, atau teman, merupakan bagian penting dalam keberhasilan penurunan berat badan.

Beri pengertian kepada mereka bahwa Anda ingin mengubah kebiasaan buruk sebelumnya menjadi lebih baik lagi dengan diet.

Jangan ragu ikut bergabung ke kelas pelatihan khusus diet untuk memperoleh teman baru yang satu tujuan. Orang-orang dengan tujuan sama biasanya akan menjadi sumber inspirasi saat menjalani diet.

6. Catat asupan makanan

Memiliki catatan asupan makanan harian sangat penting untuk mengontrol diri supaya tidak makan berlebih.

Apabila Anda sudah tahu jumlah kalori hariannya, tinggal sesuaikan saja jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Misalnya, dalam sehari butuh 1200 Kcal, maka kalori sarapan harus 400 Kcal, makan siang 400 Kcal, camilan 100 Kcal, dan makan malam 300 Kcal.

Makanan tersebut harus terdiri dari nutrisi kompleks seperti serat, protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan lainnya.

7. Berolahraga

Satu hal terpenting dan wajib dilakukan saat diet yaitu berolahraga untuk memaksimalkan metabolisme tubuh.

Anda tidak perlu memaksakan diri berolahraga dengan intensitas tinggi secara langsung. Mulai bertahap dari olahraga intensitas ringan seperti joging santai, latihan kardio atau fat burning.

Tak perlu setiap hari, Anda cukup melakukannya tiga kali dalam seminggu dengan masing-masing sesi berdurasi 10-15 menit. Saat sudah terbiasa, tambah menjadi lima kali dalam seminggu dengan durasi 20-30 menit.

Cara memulai diet yang benar dengan berolahraga ini dinilai sangat efektif khususnya dalam membakar kalori, meningkatkan kekuatan, keseimbangan, serta mengelola stres. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement