Connect with us

Artikel

Yuk Kita Belajar Dari Game

Diposting

pada

Penulis: Lia Tiara Purdhani, Mahasiswi UPI Kampus Purwakarta

INFOKA.ID – Covid 19 atau Coronavirus disease 2019 adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru, yaitu Sars Cov-2. Pertama Kali dilaporkan di Wuhan China pada tanggal 31 Desember 2019 titik virus Ini menimbulkan gejala pada pernapasan hingga demam 30 derajat Celcius, batuk dan sesak nafas bagi manusia. Dendam yang dapat ditularkan dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet. (Percikan cairan pada saat bersin atau batuk). (www.Padk.Kemkes.go.id)

Saat ini Covid-19 sudah menjadi pandemi yang berarti jumlah kasus penyakitnya Sangat pesat dan menyebar antar negara, menurut Kementerian Kesehatan Indonesia per tanggal 19 November sampai dengan 20 November total kasus mencapai 506.302 (Covid.go.id). Di Jawa Barat total kasus terkonfirmasi mencapai 48.965 per tanggal 9 November. (www.Pikobar.jabarprov.go.id) Pandemi ini membuat berhentinya aktivitas di berbagai sektor, salah satunya di sektor aktivitas pembelajaran. Sehingga pembelajaran dilakukan secara online atau daring melalui gawai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  pada tanggal 17 Maret 2020 mengeluarkan surat edaran yang  berisikan :  pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. SE. Nomor: 366925/MPK/A/HK/2020 (www.Kemdikbud.go.id). Terdapat poin bahwa Pegawai, Guru dan Dosen melakukan aktivitas bekerja, mengajar atau memberi kuliah dari rumah. (Bekerja Dari Rumah/BDR)

Maka dari itu semua pengajar maupun pelajar berada dari rumah, dan pembelajaran dilakukan secara daring. Metode yang digunakan pun bermacam-macam ada yang melakukan dengan sarana sosial media, ataupun sarana yang disarankan oleh Kemdikbud. Seperti Rumah Belajar, Google G Suite For Education, Kelas Pintar, Microsoft Office 365, Quipper School, Sekolah Online Ruang Guru, Sekolahmu dan Jenius.

Salah satu kegiatan yang dilakukan secara daring/online yaitu KKN Tematik UPI yang diselenggarakan oleh LPPM UPI. Salah satu program yaitu, mengajar anak usia dini untuk belajar dan membantu anak dalam belajar menggunakan media pembelajaran daring. Banyak cara dalam memberikan pembelajaran, bukan hanya soal materi akan tetapi bisa juga mengajak anak untuk bermain Game yang bisa dilakukan di dalam gawan, game tersebut bukan hanya untuk bermain saja, akan tetapi bisa juga mendidik anak dalam bermain Game. untuk mengasah otak dan memberikan stimulus pada anak, game ini sangat bermanfaat, game ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 Thn, dan didampingi oleh Orang Tua. Pembelajaran yang disarankan dan bisa dicoba salah satunya di situs web PBS learning media (https://www.pbslearningmedia.org/student/),  salah satu penyedia jasa pembelajaran atau media pendidikan bagi siswa dan pendidik.  Game ini menggunakan Bahasa Inggris, akan tetapi cukup bisa dipahami oleh anak dan orang tua, tidak hanya bermain game akan tetapi anak juga bisa belajar dalam berbahasa asing. Untuk menakses game online bisa mengklik website yang telah disediakan di setiap game.

1. Curious George (https://pbskids.org/curiousgeorge/busyday/dogs/)

Game ini menceritakan Simpanse peliharaan yang sedang bermain bersama anjingnya kemudian Simpanse tersebut berusaha memberikan makan kepada anjing dengan ketentuan majikan. Ketika majikan simpanse tersebut mengatakan “Berikan 3 buah makanan kepada Anjing A” maka Simpanse tersebut harus memberikan 3 buah makanan kepada Anjing si A.

2. Peg And Cat (https://pbskids.org/peg/)

Permainan yang kedua adalah Peg+cat , merupakan permainan petualangan anak-anak bernama Peg and Cat. Anak tersebut bermain didalam sirkus dan mencari seekor kucing, kucing tersebut jika sudah ditemukan kemudian dihitung, dan anak bisa menghitung untuk mengikutinya.

3. Break It Down (http://pbskids.org/plumlanding/games/break_it_down/index.html)

Permainan yang ketiga adalah Break It Down, permainan ini mengajarkan anak untuk berfokus kepada binatang ataupun bakteria yang berada di tanah, sehingga anak tersebut bisa diambil oleh anak itu.

Tiga permainan diatas bisa dimainkan oleh Anak-anak sehingga belajar daring menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Itulah game yang bisa dicoba dalam media pembelajaran daring. (*)

Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement