Connect with us

Kesehatan

Tips Puasa untuk Penderita Maag

Published

on

INFOKA.ID – Riwayat penyakit maag dapat menghambat ibadah puasa di bulan Ramadan. Namun, bukan berarti orang yang memiliki penyakit maag tak bisa berpuasa.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penderita maag saat menjalankan puasa. Mulai dari jenis makanan saat berbuka puasa maupun santap sahur hingga kebiasaan yang sebaiknya dihindari saat puasa.

Berikut tips puasa untuk penderita maag seperti dirakum dari CNNIndonesia.com.

1. Memilih menu yang tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh penderita maag saat berpuasa adalah cermat memilih menu untuk buka puasa dan juga sahur. Pasalnya, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan maag Anda kambuh.

Makanan yang tinggi serat seperti oatmeal dan nasi merah bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi penderita maag.

Sedangkan untuk proteinnya Anda bisa memilih sumber protein yang rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, dan daging sapi tanpa lemak.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang berlemak, mengandung kafein dan soda. Makanan atau minuman tersebut bisa memicu maag kambuh.

2. Jangan segera tidur setelah sahur

Tak bisa dimungkiri, setelah sahur terkadang membuat seseorang sangat mengantuk dan ingin segera tidur. Namun, hal ini harus Anda hindari saat memiliki riwayat sakit maag.

Tunggu sekitar 2 jam untuk memberikan waktu pada tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi saat santap sahur. Tidur segera setelah sahur akan memperbesar risiko sakit maag kambuh.

3. Hindari obat pereda nyeri dan rokok

Beberapa jenis obat pereda nyeri yang dikonsumsi secara terus menerus dikhawatirkan bisa melukai lambung.

Selain itu, merokok juga harus dihindari karena bisa memicu timbulnya sakit maag dan asam lambung naik atau GERD. Selain memicu maag dan GERD, rokok juga bisa menyebabkan impotensi, gangguan kehamilan, dan penyakit jantung.

4. Hindari stres

Menghindari stres ternyata menjadi salah satu tips puasa untuk penderita maag yang wajib Anda coba. Pasalnya, stres juga menjadi salah satu pencetus munculnya sakit maag.
Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari stres. Mulai dari relaksasi, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan hobi Anda.

5. Kunyah makanan secara perlahan

Terburu-buru saat mengonsumsi makanan dapat menjadi salah satu pemicu sakit maag.

Saat makan dengan terburu-buru, maka terdapat banyak udara yang masuk ke saluran pencernaan. Selain itu, makanan yang tidak dikunyah hingga lembut juga bisa menjadi salah satu sumber malapetaka bagi penderita maag.

Itulah 5 tips puasa untuk penderita maag agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Anda juga bisa mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi sebelum berpuasa.

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement