Connect with us

Daerah

Kabid UPTD Rengasdengklok: Masih Banyak PAUD yang Belanja Manual

Diposting

pada

KARAWANG – Kepala Bidang UPTD Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat Wawan mengatakan sebagian besar dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih mempergunakan sistim manual untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

Menurutnya, pada tahun ini memang telah diluncurkan kebijakan baru pada tiap lembaga pendidikan PAUD dari level pemerintah agar dapat mengunakan bantuan dana operasional pendidikan melalui Siplah.

“Untuk tahun ini, kami melihat masih banyak PAUD yang belanja manual. Memang kemarin pernah ada giat sosialisasi Siplah dari perusahaan rekanan yang terdaftar diketahui kantor dinas pusat. Prinsipnya, kami mempersilahkan, terbuka untuk siapapun menjadi rekanan Siplah asalkan diketahui oleh dinas,” jelasnya.

Hanya saja, menurut Wawan, pada tahun pertama bagi pemerintah mengatur pelaksanaan kegiatan penggunaan dana BOP PAUD hanya boleh dilakukan oleh pemilik akun dan juga pasword data pokok pendidikan (dapodik) terkesan masih seperti uji coba pada tiap lembaga satuan pendidikan anak usia dini di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Padahal, Permendikbud ialah merupakan produk dari Kementrian Pendidikan RI yang diluncurkan bukan dalam maksud sebagai aturan uji coba.

“Pijakan yang dibuat oleh Pemerintah bisa ‘multi’ artinya berefek sebaliknya menjadi pijakan dasar para petugas APH menyoroti alur pelaksanaan bantuan dana BOP dari tiap satuan lembaga PAUD binaan dari Kabid Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang,” jelasnya. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement