Connect with us

Regional

Jelang Hari Pahlawan, PLN UP3 Karawang dan PT Ajinomoto Indonesia Tingkatkan Sinergi Hijau Melalui Kunjungan ke PLTA Cirata

Published

on

KARAWANG – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kerja sama terkait penggunaan energi hijau, PT PLN (Persero) UP3 Karawang menyambut kunjungan pelanggan setianya, PT Ajinomoto Indonesia, ke Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata di Jawa Barat. PLTA Cirata merupakan salah satu pembangkit energi terbarukan terbesar di Jawa Barat dengan kapasitas terpasang mencapai 1008 MW dan menjadi sumber penting bagi penjualan Renewable Energy Certificate (REC) yang diterbitkan PLN. PT Ajinomoto Indonesia, sebagai pelanggan yang telah memilih untuk menggunakan 100% REC, mengadakan kunjungan ini untuk melihat secara langsung pengoperasian pembangkit energi hijau PLN.

Kunjungan dimulai dengan paparan mengenai operasi dan kapasitas PLTA Cirata, dilanjutkan dengan tur ke beberapa fasilitas utama, termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), power house, control room, dan dam control center. Dengan kunjungan ini, PT Ajinomoto Indonesia dapat lebih memahami proses pembangkitan energi bersih yang mendukung produksi ramah lingkungan.

Direktur PT Ajinomoto Indonesia, Hermawan, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen PLN dalam menyediakan energi terbarukan. “Kunjungan ini memberikan kami pemahaman yang lebih mendalam tentang energi hijau yang dihasilkan dari PLTA Cirata, dan memperkuat keyakinan kami dalam memilih REC untuk memenuhi kebutuhan energi di PT Ajinomoto Indonesia. Dan Kami sangat senang dan bangga melihat secara langsung apa yang ada di dalam PLN Cirata ini baik teknologi yang dipakai dan kontribusi yang diberikan oleh PLN Cirata untuk Kelistrikan di Indonesia .Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan PLN dalam upaya menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan,” ujar Hermawan.

Manager PLN UP3 Karawang, Eko Hadi Pranoto, menyatakan dukungan penuh terhadap upaya pelanggan seperti PT Ajinomoto dalam menggunakan energi terbarukan. “Kehadiran PT Ajinomoto sebagai pelanggan REC 100% menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan komitmen dari pelaku industri untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. PLN akan terus berinovasi dan menyediakan opsi-opsi energi bersih yang menjawab kebutuhan pelanggan industri,” ucap Eko.

Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi, menekankan pentingnya kerja sama antara PLN dan pelanggan dalam upaya transisi energi. “Kami sangat mengapresiasi kunjungan ini dan berharap dapat terus mendukung PT Ajinomoto dan pelanggan lainnya dalam penggunaan energi terbarukan melalui layanan REC dan pembangkit energi hijau PLN. Ini adalah langkah besar menuju tercapainya target nasional dalam pengurangan emisi karbon,” kata Agung.

Dengan kunjungan ini, PLN dan PT Ajinomoto mempertegas komitmen bersama dalam mendukung energi bersih di Indonesia dan memperkuat sinergi menuju lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan.(rls)