Connect with us

Kesehatan

Hidung Tersumbat, Jangan Gunakan Bawang Putih!

Diposting

pada

INFOKA.ID – Dunia maya belum lama ini dihebohkan dengan beberapa video yang viral di Tiktok dengan menunjukkan cara mengurangi hidung tersumbat memakai bawang putih. Namun, benarkah bawang putih dapat mengatasi hidung tersumbat?

Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Chusnu Romdhoni, mengatakan metode menggunakan bawang putih utuh untuk hidung tersumbar tidak dianjurkan.

“Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut,” ujar Chusnu dilansir CNNIndonesia.com, Senin (19/7).

Dia menjelaskan bahwa memasukkan benda, dalam hal ini bawang putih, justru dapat menyebabkan iritasi pada rongga hidung.

Bahaya serupa juga diungkapkan oleh dokter spesialis THT dan ahli bedah di Mass Eye and Ear, Neil Bhattacharyya.

“Jika Anda melakukan ini cukup, tubuh akan mulai bereaksi terhadap minyak dan bahan kimia dalam bawang putih dan menyebabkan dermatitis kontak di hidung,” kata Bhattacharyya.

Menurut American Academy of Dermatology, dermatitis kontak adalah kondisi kulit yang dapat muncul sebagai kulit gatal, ruam, dan bahkan lecet. Anda bahkan bisa mengalami iritasi hanya setelah satu kali penggunaan.

“Beberapa siung bawang putih sangat kuat. Dan jika Anda terkena bahan kimia dan lendir bawang putih ke dalam hidung Anda, itu pasti akan mengiritasi,” tambah Bhattacharyya.

Di samping itu, bahaya lain yang mungkin terjadi adalah bawang putih itu bisa tersangkut di dalam hidung.

Chusnu lantas menyampaikan, pengobatan hidung tersumbat dapat dilakukan dengan pemberian obat yang memiliki kandungan menthol.

“Mungkin penggunaan menthol lebih baik untuk melegakan hidung,” ungkapnya.

Selain menggunakan obat-obatan, ada hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat. Di antaranya dengan menjalani pola hidup sehat, makan teratur, istirahat cukup, dan olahraga teratur.

“Kalau yang normal dengan mencari udara segar, membuka jendela dan ventilasi rumah, menghindari debu atau alergen, dan mencuci hidung dengan air bersih,” kata Chusnu

“Bisa juga menggunakan uap hangat air atau berolahraga yang bersifat aerobik, seperti jogging, kardio, dan lain-lain,” tambahnya.

Hidung tersumbat sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi seperti rinitis, alergi, atau tumor.

Meskipun Covid-19 tidak selalu menyebabkan hidung tersumbat, metode bawang putih utuh juga tidak direkomendasikan untuk mencegah Covid-19.

“Untuk pencegahan Covid-19 direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine,” papar Chusnu. (*)

Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement