Connect with us

Regional

Gempa Bumi Magnitudo 3,9 Guncang Kabupetan Bandung

Published

on

INFOKA.ID – Gempa bumi guncang Kabupaten Bandung dengan magnitudo 3,9 pada Sabtu (22/1/2022) tepat pukul 15:34 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan episenter terletak pada koordinat 7.49 Lintang Selatan dan 107.31 Busur Timur.

Kata dia, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 57 km Barat Daya Kabupaten Bandung Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di wilayah tersebut,” katanya dalam rilis yang diterima.

Pihaknya menjelaskan bahwa beberapa daerah terkena dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cidaun, Cidora, Cijayanti, Rancabuaya dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” jelasnya.

“Di Pamengpeuk, Pakenjeng, Bungbulang, Cisompet, dan Margaasih dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” tambahnya.

Pihaknya menegaskan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Bahkan menurutnya terkait gempabumi susulan pun belum menunjukkan adanya aktivitas.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (*)

Sumber: Detikcom

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement