Connect with us

Ragam

Gabungan Komunitas Kreatif Karawang Hadirkan Aliansi Kolaborasi

Diposting

pada

INFOKA.ID – Sejumlah komunitas kreatif anak muda Karawang mengadakan kegiatan Sarasehan Komunitas dan sepakat melahirkan gerakan kerjasama bernama Aliansi Kolaborasi di Resto Alfrescho Akshaya Hotel pada Kamis (25/11/2021).

Sarasehan dihadiri komunitas dari berbagai latar belakang seperti Batujaya Creative, Komunitas Youtuber, Seni Teater, Komunitas Musik, Komunitas Kreatif Desa, Komunitas Animal Kanal, Unit Kreatif Mahasiswa, Genpari Wisata, Komunitas Seniman Lukis dan beberapa lainnya.

Koordinator acara, Asep R Sundapura dari Forum Ekraf Karawang mengatakan bahwa Sarasehan Komunitas merupakan sebuah kegiatan yang mempertemukan komunitas-komunitas kreatif lokal yang digawangi anak muda.

“Sarasehan Komunitas kita gelar berkerjasama dengan Komite Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai upaya membangun kesamaan visi terkait langkah-langkah yang perlu diambil oleh Komunitas Karawang di era pemulihan ekonomi,” katanya.

“Komunitas kreatif tidak boleh diabaikan. Mereka memiliki peran penting dalam mewarnai kota dan membangun iklim kreatifitas masyarakat. Strategi pemulihan ekonomi di Kabupaten Karawang harus melibatkan dan memberdayakan teman-teman komunitas,” tambahnya.

Sementara, narasumber acara, Budi Rismayadi dari UBP mengungkapkan memiliki pandangan serupa.

Menurut Budi, komunitas kreatif memiliki positioning penting untuk ikut memulihkan ekonomi lokal karena mereka memiliki jaringan dan kegiatan yang didalamnya banyak terjadi juga transaksi ekonomi.

“Misal komunitas bikin event. Nah, dalam event tersebut sudah pasti akan selalu terjadi transaksi ekonomi seperti jual beli produk ataupun jasa. Semakin besar eventnya maka semakin besar terjadi perputaran uang. Komunitas kreatif juga bisa bikin program pemberdayaan desa, seperti misal kami bikin Kampung Kopi di Karawang Selatan yang bukan hanya jadi destinasi wisata tapi ada juga penjualan produk lokal,” katanya.

Di akhir acara, para perwakilan komunitas yang hadir dari berbagai wilayah di Karawang sepakat melakukan penandatanganan kerjasama dengan melahirkan gerakan moral bernama Aliansi Kolaborasi.

Asep mengatakan Aliansi Kolaborasi adalah sebuah semangat dan gerakan moral dari komunitas-komunitas kreatif lokal untuk silih tulungan dan saling membantu dalam membangun daerah.

“Sekarang era kolaborasi, kita jangan jalan sendiri-sendiri. Kita kerjasama, saling bantu dan saling dukung. Jadi Aliansi Kolaborasi sama sekali bukan wadah, organisasi ataupun semacamnya. Ini gerakan moral saja yang mengikat koordinasi ide-ide kreatif dan aspirasi komunitas anak muda Karawang untuk saling kerjasama memajukan daerahnya. Dan kami berharap agar komunitas-komunitas kreatif lain juga bisa ikut bergabung dalam semangat kebersamaan ini demi semakin terbangunnya iklim kreatif di Karawang.” pungkasnya. (red)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement