Connect with us

Daerah

Bentrokan Ormas di Karawang, Satu Orang Tewas

Diposting

pada

INFOKA.ID – Bentrokan ormas-LSM di Karawang, Jawa Barat mengakibatkan satu orang korban meninggal dunia saat mendapat perawatan di Mandaya Hospital, Rabu (24/11) malam.

Korban meninggal dunia itu bernama Achmad Sudir yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Korban meninggal dunia karena banyak kehilangan darah akibat luka bacok di beberapa bagian di badannya.

Kericuhan berlangsung di jalan Interchange Karawang Barat, Rabu siang. Beberapa video rekaman bentrokan ini tersebar di media sosial.

Selain satu korban meninggal dunia ini, bentrokan juga menyebabkan beberapa orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa bentrokan diduga akibat perebutan limbah ekonomis. Keributan tersebut terjadi di depan Hotel Resinda, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang sekitar pukul 12.00 WIB.

Kasi Humas Polres Karawang, Ipda Richie mengatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan murni kasus perusakan dan penyerangan terhadap salah seorang anggota LSM GMBI yang melintas.

“Jadi kronologi perusakan dan penyerangan kendaraan roda empat LSM GMBI di jalan interchange Karawang Barat. Sekitar pukul 11.45 WIB ada anggota GMBI dari Jawa Tengah yang salah jalan masuk ke Kota Karawang dan ketemu LSM lain di jalan interchange,” kata Richie, Rabu (24/11).

Richie menyebut perusakan itu bermula saat ada aksi unjuk rasa penyampaian aspirasi ke PT Ichi Karawang yang dilakukan oleh GMBI. Semula, demonstrasi tersebut dapat diamankan oleh polisi, namun kericuhan tak terbendung.

Hingga saat ini, kata dia, pihak kepolisian masih melakukan pendalaman terkait dengan aksi perusakan tersebut.

Kronologi

Ipda Richie mengatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan murni kasus perusakan dan penyerangan terhadap salah seorang anggota LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang melintas.

“Jadi kronologi perusakan dan penyerangan kendaraan roda empat LSM GMBI di jalan interchange Karawang Barat,” katanya.

Peristiwa itu terekam oleh kamera dan sempat tersebar di sejumlah platform media sosial. Dari sejumlah video yang beredar, terlihat segerombolan orang yang mengamuk dan menghancurkan sebuah mobil di jalan raya tersebut.

Terlihat, ada sejumlah aparat kepolisian yang mencoba untuk menghentikan aksi perusakan tersebut namun tak bisa karena massa yang mengamuk terlampau banyak.

“Sekitar pukul 11.45 WIB ada anggota GMBI dari Jawa Tengah yang salah jalan masuk ke Kota Karawang dan ketemu LSM lain di jalan interchange,” jelasnya.

Richie menyebutkan, perusakan itu bermula saat ada aksi unjuk rasa penyampaian aspirasi ke PT Ichi Karawang yang dilakukan oleh GMBI. Semula, demonstrasi tersebut dapat diamankan oleh polisi, namun kericuhan tak terbendung beberapa waktu kemudian.

“Anggota Polres Karawang serta Kapolres masih di lapangan untuk pengusutan kasus tersebut,” tukasnya.

Sementara, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono secara tegas akan melakukan pengusutan terkait kasus tersebut.

“Kami akan menindak tegas kepada siapapun yang terlibat sesuai hasil pemeriksaan,” katanya. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement