Connect with us

Kesehatan

Begini Cara Cuci Tangan yang Benar Saat Kuku Panjang

Diposting

pada

INFOKA.ID – Selain mengenakan masker dan menjaga jarak, cuci tangan juga jangan sampai terlewat. Namun Anda tidak boleh melupakan area kuku apalagi jika memiliki kuku panjang.
Memang baiknya kuku tidak dipelihara terlalu panjang.

Mengutip dari laman CDC, kuku yang lebih panjang dapat menampung lebih banyak kotoran dan bakteri daripada kuku yang pendek. Ini bisa berkontribusi pada penyebaran infeksi.

Akan tetapi persoalannya, kini kuku panjang dengan aneka dekorasi sedang tren. Pemilik kuku panjang pun harus lebih jeli dalam mencuci tangan.

Berikut cara mencuci tangan yang benar saat kuku panjang.

1. Gunakan sabun pencuci piring

Tanpa Anda sadari, kuku menyimpan segala kotoran, minyak, debu serta kuman meski dari kenampakannya kuku terlihat bersih. Menurut laporan Healthline, sebaiknya gunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan kuku dan jari tangan.

Kenapa sabun pencuci piring? Sabun ini dinilai lebih efektif mengangkat lemak dan mengurangi lemak serta tumpukan minyak di bawah kuku.

2. Gunakan sikat kuku

Sebaiknya gunakan sikat kuku untuk membersihkan area kuku secara menyeluruh baik permukaan maupun area bagian dalam.

Sikat kuku cukup digunakan sehari sekali atau setelah menangani sesuatu sehingga membuat kuku jadi sarang kotoran semisal setelah berkebun tanpa sarung tangan.

Di samping sikat kuku, Anda bisa menggunakan kain atau handuk tangan (washcloth) untuk meraih area-area di balik kuku yang tidak bisa dijangkau tangan.

3. Gosok dengan lembut

Area kuku memang lebih keras dibanding area kulit serta kutikula. Namun tidak perlu menggosok area ini terlalu keras dengan sikat kuku.

“Penggunaan sikat kuku berlebihan dapat membuat goresan dan luka mikro yang dapat mengakibatkan risiko infeksi, jadi penting untuk menyikat dengan lembut,” jelas Doris Day, ahli dermatologi yang berbasis di New York, seperti dikutip Today.

4. Air suam-suam kuku

Jaga kondisi kuku dengan menghindari air dingin atau panas untuk mencuci tangan. Air suam-suam kuku lebih aman sebab tidak akan membuat kulit tangan dan kuku jadi kering. Pastikan sisa sabun bersih terutama di daerah kuku.

Keringkan tangan dan kuku, lalu gunakan pelembap tangan (hand cream). Hidrasi kuku-kuku Anda dengan serum atau minyak khusus untuk area kutikula. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement