Connect with us

Kesehatan

Bedanya Eksim dan Biang Keringat, Begini Cara Pengobatannya

Diposting

pada

INFOKA.ID – Eksim dan biang keringat sama-sama muncul di kulit. Kedua kondisi ini juga menimbulkan kulit gatal dan kemerahan. Beda eksim dan biang keringat dapat diketahui dari sejumlah hal. Mulai dari waktu terjadinya hingga lama gejala muncul.

Eksim adalah penyakit peradangan pada kulit yang ditandai dengan munculnya ruam berukuran kecil hingga besar dan rasa gatal terus menerus. Sedangkan biang keringat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan ruam umumnya berukuran kecil atau bintik kemarahan pada kulit karena saluran keringat yang tersumbat.

Eksim biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor pemicu seperti alergi, debu, makanan, polusi, hingga bulu hewan.

Biang keringat disebabkan karena keringat terjebak di bawah kulit. Umumnya terjadi saat cuaca panas dan lembap.

Eksim dapat muncul di seluruh bagian tubuh, terutama di tangan, kaki, leher, dada, wajah, dan kepala. Sedangkan biang keringat juga dapat muncul di seluruh bagian kulit terutama di area lipatan seperti leher, siku, lengan, dan juga wajah.

Ruam pada eksim umumnya dapat berlangsung hingga tiga minggu. Sedangkan, ruam pada biang keringat dapat hilang lebih cepat dalam hitungan hari, umumnya 2-3 hari.

Eksim dapat diobati dengan menggunakan obat berdasarkan resep dokter. Dokter biasanya meresepkan obat jenis kortikosteroid dan antihistamin.

Sedangkan biang keringat ringan dapat diobati dengan menggunakan obat luar yang tersedia bebas. Jika gatal tak tertahankan periksakan ke dokter. (*)

Advertisement
Tinggalkan pesan

Balas Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement