Connect with us

Gaya Hidup

5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Perut Kosong

Published

on

INFOKA.ID – Setelah tidur berjam-jam, perut pun jadi ikut kosong. Ketika bangun tidur, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari untuk dilakukan ketika masih belum sarapan sama sekali.

Sebaiknya, ambil segelas air putih, kemudian sarapan dengan makanan yang kaya protein tanpa lemak dan juga kaya serat.

Telur orak-arik dengan tambahan buah beri bisa jadi pilihan. Dikutip dari Medical Daily, berikut ini adalah sejumlah hal yang tidak direkomendasikan bagi kamu yang masih dalam keadaan perut kosong.

Minum teh atau kopi

Minum teh dan kopi tentu menyehatkan karena kaya akan antioksidan yang bisa membantu tubuh terbebas dari radikal bebas. Tapi, meminum kopi dalam keadaan perut kosong bisa meningkatkan asam lambung yang mana berdampak pada risiko heartburn (rasa terbakar pada area dada).

Sama halnya dengan kopi, teh juga mengandung kafein yang bisa membuat asam lambung naik. Selain bikin pencernaan jadi bermasalah, ini juga bisa bikin nafsu makanmu jadi menurun. Konsumsi teh dan kopi habis makan saja ya.

Konsumsi obat tertentu

Beberapa obat tertentu tidak boleh dikonsumsi pada perut kosong, meskipun memang ada yang dikondisikan khusus untuk keadaan sebelum makan.

Pil yang bisa menimbulkan muntah atau mual sebaiknya dikonsumsi sesudah makan sehingga efek samping bisa berkurang. Sekali lagi, kamu harus perhatikan apakah obatmu harus ditelan sebelum atau sesudah makan.

Mengonsumsi obat sesudah makan bisa mengurangi iritasi perut, gangguan pencernaan dan sakit mag. Ini juga bisa membuat tubuh lebih bisa menyerap lebih baik obat yang kamu konsumsi.

Olahraga

Bukan berarti dilarang secara konkrit. Tapi, setiap individu yang hendak berolahraga perlu menetapkan terlebih dahulu tujuan dari olahraga yang dilakukan.

Olahraga dalam keadaan perut kosong biasanya lebih ditujukan untuk membakar lemak tubuh. Jadi kalau menurunkan berat badan menjadi kurang efektif karena akan meningkatkan nafsu makan setelah selesai berolahraga.

Mengonsumsi alkohol

Meminum alkohol saat perut kosong menyebabkan alkohol langsung mengenai aliran darah. Alkohol didistribusikan dengan cepat ke seluruh tubuh dan menyebabkan pembuluh darah melebar. Ini juga menyebabkan penurunan sementara dalam denyut nadi dan tekanan darah. Dengan meningkatnya konsentrasi alkohol dalam darah, kamu juga jadi kehilangan kendali.

Bepergian

Bepergian dengan perut kosong dapat mengundang mabuk perjalanan. Namun, kamu juga harus menghindari makanan yang cenderung menghasilkan gas seperti minuman soda, brokoli, kembang kol dan kubis Brussel. Makan ringan adalah yang paling cocok untuk bepergian. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement