Connect with us

Gaya Hidup

10 Cara Mengatasi Bibir Kering secara Alami

Published

on

INFOKA.ID – Bibir kering dan pecah-pecah bisa menimbulkan rasa tak nyaman sekaligus mengganggu penampilan. Bibir kering dan pecah-pecah kerap muncul saat cuaca dingin atau terlalu panas. Bibir kering bisa juga karena Anda mengalami dehidrasi.

Berikut 10 cara mengatasi bibir kering yang dirangkum dari Timesofindia.

1. Petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan bahan utama yang digunakan untuk lip balm karena dapat membantu memberi kulit pelindung kelembapan.

Namun petroleum jelly bersifat oklusif, yang berarti hanya akan melindungi bibir Anda dari kehilangan kelembapan, bukan memberikan kelembapan itu sendiri.

Cara terbaik menggunakan petroleum jelly untuk bibir pecah-pecah adalah dengan:
– Oleskan lip balm terlebih dahulu, untuk memberikan kelembapan pada bibir Anda.
– Kunci kelembapan dengan lapisan petroleum jelly.

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap petroleum jelly. Jika Anda mengalami pembengkakan atau perih saat menggunakannya, kemungkinan ada alergi dan harus segera menghentikan penggunaan.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang menghasilkan gel pelembab. Ia bekerja dengan menarik uap air dari udara ke permukaan kulit. Ini membantu menjaga bibir Anda terhidrasi dan mencegahnya mengering.

Lidah buaya juga mengandung molekul yang disebut polisakarida, yang membantu kelembapan mengikat kulit dan menjaga bibir tetap terhidrasi. Ini sangat membantu untuk bibir pecah-pecah karena polisakarida mendorong kulit untuk menghasilkan sel-sel baru yang membantu luka sembuh dengan cepat.

3. Madu

Madu adalah obat yang bagus untuk bibir pecah-pecah karena bersifat humektan, artinya madu menarik kelembapan dari udara ke dalam bibir.

Madu juga dikenal karena sifat penyembuhannya dan dapat membantu meredakan luka dan retakan yang disebabkan oleh bibir pecah-pecah.

Selain itu, madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah terkena infeksi dari retakan dan luka ini, ungkap Konstantin Vasyukevich, MD, ahli bedah plastik wajah bersertifikat ganda, dan ahli perawatan kulit, yang berafiliasi dengan Beth Israel Medical Center dan Jacobi Medical Center.

“Madu bekerja sebagai eksfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit kering dan mati dari bibir,” kata Vasyukevich.

Berikut cara menggunakan madu untuk melembapkan bibir:
– Gunakan jari yang bersih atau kapas untuk mengoleskan lapisan tipis pada bibir.
– Biarkan selama 20 hingga 30 menit lalu bersihkan.

Madu itu manis, jadi tahan keinginan untuk menjilatnya, karena ini hanya akan memperburuk bibir pecah-pecah. Cara yang bagus untuk menghindari ini adalah dengan menerapkannya sebelum tidur, dan membiarkannya semalaman.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah emolien yang berarti sangat bagus untuk mengunci kelembapan di bibir dan mencegahnya mengering. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi. Artinya dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkadang menyertai bibir pecah-pecah.

Sifat antibakteri minyak kelapa juga membantu menjaga bibir bebas kuman, mencegah terkena infeksi dari luka terbuka.

Saat menggunakan minyak kelapa juga dapat menggabungkannya dengan sedikit gula dan menggunakannya sebagai exfoliant lembut untuk membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati di bibir.

5. Scrub gula

Ketika sel-sel kulit mati menumpuk di bibir, itu akan mencegah bibir mendapatkan kelembapan yang mereka butuhkan.

Pengelupasan kulit secara lembut dengan scrub gula membantu mengangkat sel kulit mati yang disebabkan oleh pecah-pecah.

Membuat scrub gula cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:
– Masukkan satu sendok makan gula dan satu sendok makan minyak kelapa atau madu ke
– dalam mangkuk.
– Aduk rata dan gunakan jari yang bersih untuk mengoleskan scrub ke bibir.
– Dengan scrub, gosok perlahan bibir dengan gerakan memutar selama satu menit.
– Bersihkan sisa scrub setelah selesai.
– Oleskan petroleum jelly atau minyak kelapa, untuk mengembalikan kelembapan.

Pastikan untuk setelah melakukan scrub gula oleskan pelembab. “Jika Anda lupa melembabkan setelah scrub bibir, itu justru bisa memperburuk bibir pecah-pecah,” kata Vasyukevich.

6. Eksfoliasi bibir

Mengeksfoliasi bibir dengan lembut dapat mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada bibirmu yang kering. Kita bisa membuat scrub atau eksfoliasi bibir sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemui lho. Campurkan gula dengan madu dan mulailah menggosok secara perlahan pada bibir kering dan bilas menggunakan air bersih.

7. Mentega alpukat

Mentega alpukat dapat digunakan sebagai pelembap dan pengental pada lip balm. Sifatnya yang tidak berminyak dan dapat terserap dengan baik oleh kulit. Mentega alpukat juga mengandung beberapa asam lemak dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kulit, termasuk asam oleat dan linoleat.

8. Minum lemon

Minumlah segelas jus lemon setiap pagi, karena lemon bersifat asam dan dapat mengobati bau mulut serta membersihkan mulut Anda. Ini merangsang produksi air liur, yang diperlukan ketika menderita masalah bibir kering.

9. Berkumur-kumur

Berkumur setiap hari dengan air hangat akan memberikan sedikit kelegaan dari masalah bibir kering. Campuran air hangat dan air liur dapat mengaktifkan kelenjar ludah untuk mengeluarkan air liur.

10. Untuk yang gunakan lipstik

Terakhir untuk Anda perempuan yang menggunakan lipstik. Jangan terlalu sering gonta-ganti lipstik, apalagi yang bersifat matte. Karena, jenis lipstik tersebut dapat membuat bibir kering. Jika perlu, gunakan pelembap sebelum dan sesudah memakai lipstik. (*)

Sumber: Berbagai sumber

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement