Terhubung dengan Kami

Kesehatan

Lakukan 10 Olahraga Ini untuk Diet dan Membentuk Badan Ideal

Published

on

INFOKA.ID – Selain berguna untuk memelihara kesehatan, olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ada banyak jenis olahraga yang cocok untuk diet dan bisa membakar kalori dengan cepat.

Anda bisa memilih olahraga yang Anda sukai agar diet terasa lebih menyenangkan. Sesuaikan juga olahraga dengan kemampuan Anda.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, berikut rekomendasi olahraga yang cocok untuk diet dan membentuk badan ideal.

1. Yoga

Tidak hanya baik untuk mengatur pernapasan dan mengelola stress, rutin melakukan gerakan yoga juga bisa membantu Anda mengontrol berat badan.

Menurut Harvard Health, gerakan dalam yoga efektif membakar kalori. Beberapa pose yoga yang bisa Anda lakukan yaitu Half Boat Pose, Wheel Pose, dan Bridge Pose.

2. Crunch

Crunch adalah olahraga yang sangat baik untuk mengencangkan otot perut atas, mengurangi lemak perut, dan membentuk perut.

Olahraga yang cocok untuk diet ini juga ampuh menghilangkan perut buncit saat Anda rutin melakukannya.

3. Plank

Melakukan gerakan plank bisa membakar kalori karena menggunakan kekuatan otot perut, bahu dan bokong.

Semakin lama Anda kuat melakukan plank, kalori yang terbakar akan semakin banyak dan berguna untuk memperkuat tulang punggung.

4. HIIT atau Latihan Interval

High Intensity Interval Training atau HIIT merupakan olahraga kardio intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi singkat, yaitu 10 hingga 30 menit.

HIIT mampu membakar lemak dan kalori lebih cepat dibanding olahraga lainnya. HIIT juga sangat efektif dalam membakar lemak perut.

5. Squat

Squat adalah jenis olahraga yang membantu Anda membentuk paha dan bokong supaya menjadi ideal.

Gerakan squat dapat melatih otot inti tubuh termasuk otot perut bagian bawah yang menjadi tempat menyimpan lemak terbanyak.

6. Kardio

Jenis olahraga Kardio yang sangat memungkinkan dilakukan ketika diet yaitu jogging, berlari, aerobic, atau turun naik tangga.

Olahraga ini dapat dilakukan minimal 20-30 menit selama 3 atau 4 kali dalam kurun waktu seminggu.

7. Skipping

Skipping atau lompat tali bisa menjadi alternatif olahraga selama menjalani diet karena gerakannya yang intens sehingga mampu membakar kalori tubuh serta membentuk otot kaki.

Bagi pemula dapat mencoba skipping minimal 10 menit per hari. Apabila sudah terbiasa, Anda dapat menambah durasi skipping.

8. Berenang

Berenang adalah olahraga yang dapat menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan jantung sera paru-paru.

Studi menunjukkan bahwa seseorang dengan berat 70 Kg dapat membakar sebanyak 233 kalori dengan berenang selama 30 menit.

9. Jalan Kaki

Olahraga murah meriah dan cocok dilakukan selama diet yaitu jalan kaki. Selain mudah, dengan berjalan kaki juga dapat meningkatkan kebugaran.

Usahakan berjalan kaki selama 30 menit tanpa berhenti dan lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Untuk hasil lebih maksimal, Anda dapat menambah frekuensinya lebih rutin.

10. Bersepeda

Berolahraga selama diet dengan menyenangkan bisa dilakukan dengan bersepeda. Selain membantu membakar kalori, bersepeda dapat menjaga kesehatan jantung.

Bersepeda selama 30 menit tanpa berhenti dapat membakar 260 kalori. Jika dilakukan secara rutin, hasilnya bisa lebih maksimal. (*)

Advertisement
Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement