Terhubung dengan Kami

Kesehatan

7 Kebiasaan yang Bisa Bantu Bikin Kurus

Published

on

INFOKA.ID – Apa pun tujuan penurunan berat badan, menurunkan berat badan terkadang terasa mustahil. Namun, dengan mengubah sejumlah kebiasaan nyatanya bisa membantu cepat kurus dan mempertahankannya.

Pasalnya, menurunkan beberapa kilogram tidak harus melibatkan perombakan total terhadap pola makan dan gaya hidup saat ini.

Berikut 7 kebiasaan yang membuat kurus dan mengubah impian penurunan berat badan jadi kenyataan, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

1. Makan teratur

Sebagaimana dilansir WebMD, makan teratur membantu Anda mencegah makan secara berlebihan.

Untuk itu, cari tahu frekuensi makan yang paling berhasil dan patuhi itu.

2. Cukupi asupan air

Memulai pagi Anda dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan.

Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda, setidaknya selama 60 menit.

Menurut Healthline, air juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan pada beberapa individu.

3. Rutin menimbang berat badan

Menimbang berat badan dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan pengendalian diri.

Beberapa penelitian telah mengaitkan menimbang diri sendiri setiap hari dengan penurunan berat badan yang lebih besar.

Misalnya, sebuah penelitian pada 47 orang menemukan bahwa mereka yang menimbang berat badannya setiap hari kehilangan sekitar 6 kg lebih banyak selama enam bulan daripada mereka yang jarang menimbang diri.

Untuk hasil terbaik, timbang berat badan Anda tepat saat bangun tidur. Lakukan setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum Anda makan atau minum apa pun.

4. Banyak bergerak di pagi hari

Melakukan beberapa aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.
Satu studi pada 50 wanita yang kelebihan berat badan mengukur efek latihan aerobik pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Berolahraga di pagi hari dikaitkan dengan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi.

Berolahraga di pagi hari juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Gula darah rendah dapat menyebabkan banyak gejala negatif, termasuk rasa lapar yang berlebihan.

5. Jangan lakukan kegiatan lain saat makan

Mungkin sulit untuk fokus pada makan ketika ada pekerjaan yang harus dilakukan dan Instagram untuk diperiksa.

Namun, makan saat Anda terganggu dapat menyebabkan secara tidak sengaja mengambil lebih dari yang Anda butuhkan.

Makanan yang dimakan dari bungkusan dan sambil berdiri juga bisa jadi tak terkendali. Anda dapat berakhir makan lebih banyak daripada jika Anda duduk dan secara sadar menikmatinya.

Cobalah untuk makan secara perlahan, kunyah setiap gigitan, dan nikmati rasa makanannya.

6. Tidur lebih lama

Tidur sedikit lebih awal atau menyetel jam alarm Anda lebih lambat untuk tidur lebih lama dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur dapat dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan

Satu studi kecil menemukan bahwa pembatasan tidur meningkatkan rasa lapar dan mengidam, terutama untuk makanan tinggi karbohidrat dan berkalori tinggi.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori.

7. Tambah menu sayuran

Salah satu cara terbaik untuk masuk ke kebiasaan makan sehat adalah dengan menambahkan hal-hal untuk diet Anda, bukan menghilangkannya.

Menolak untuk makan makanan favorit Anda dapat menjadi bumerang dalam pesta, sedangkan meningkatkan asupan sayuran secara perlahan hanya dapat membawa hasil yang baik.

“Tidak hanya sayuran yang mengandung nutrisi penting yang menjaga tubuh tetap sehat dan berenergi, sayuran juga mengandung serat yang membantu Anda merasa kenyang,” kata Ashvini Mashru, ahli diet dan penulis Small Steps to Slim, seperti dikutip Self. (*)

Advertisement
Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement