Terhubung dengan Kami

Daerah

Pelaksanaan PPDB di Kabupaten Majalengka Segera Dimulai, Berikut Tahapannya

Published

on

INFOKA.ID – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Majalengka akan dimulai 28 Juni 2021. Ada beberapa jalur yang bisa dipilih calon peserta didik. Yakni, jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali dan prestasi.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Majalengka, Adeng Zaenudin mengatakan, PPDB tahun 2021 ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, yakni pendaftaran secara online.

Namun, kali ini orang tua diarahkan untuk meminta bantuan pendaftaran di sekolah asal.

“Meski daring, orang tua harus secara luring ke sekolah asal untuk melakukan pendaftaran. Nanti difasilitasi wali kelas di masing-masing sekolah untuk daftar melalui daring,” ujar Adeng dilansir dari TribunJabar.id, Kamis (10/6/2021).

Untuk jalur zonasi, jelas Adeng, akan ada kuota sekitar 50 persen dari daya tampung sekolah.

Nantinya, jika jalur zonasi masih tersedia dari jumlah yang mendaftar, bisa diisi dari jalur prestasi.

“Jalur zonasi ini diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berada di dalam wilayah zonasi. Misal calon peserta didik daftar di SMPN 1 Majalengka, nah calon peserta didik yang bisa daftar bagi calon yang rumahnya disekitar sekolah di Kecamatan Majalengka, itu yang diprioritaskan,” ucapnya.

Dijelaskan dia, domisili calon peserta didik harus berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Jika kartu keluarga tidak dimiliki oleh calon peserta didik karena keadaan tertentu, bisa diganti dengan surat keterangan domisili.

“Ya misal kartu keluarganya hilang karena bencana alam, atau lain sebagainya itu bisa diganti dengan surat keterangan domisili,” jelas dia.

Perlu diingat, sambung Kabid, calon peserta didik Hany boleh memilih satu jalur pendaftaran di wilayah zonasi.

Namun, di luar wilayah zonasi, calon peserta didik bisa mendaftar melalui jalur afirmasi atau prestasi.

“Kalau siswa rumahnya di Kecamatan Majalengka dan sudah milih jalur zonasi tidak bisa milih jalur afirmasi atau prestasi. Tapi bisa milih jalur afirmasi atau prestasi jika di luar zonasi,” katanya.

Syarat umum lainnya, Adeng menambahkan, pihak sekolah akan juga memprioritaskan calon peserta didik yang memang memenuhi syarat.

Yakni, untuk jenjang SMP berusia paling tinggi 15 tahun atau telah menyelesaikan kelas 6 SD.

“Oleh karena itu, persiapkan dengan matang bagi para orang tua. Pantau terus media sosial kami terkait jadwal dan lain sebagainya. PPDB SMP akan dibuka 28 Juni sampai 10 Juli, itu dimulai dari pendaftaran hingga daftar ulang,” ujarnya. (*)

Sumber: TribunJabar.id

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement