Terhubung dengan Kami

Bisnis

Tokopedia Dorong UMKM Lokal Jawa Barat Lewat Inisiatif Hyperlocal

Published

on

INFOKA.ID – Pandemi mendorong masyarakat beradaptasi lewat pemanfaatan teknologi, baik dalam memenuhi kebutuhan harian hingga menciptakan peluang.

Terbukti dari survei LPEM FEB UI yang menyebutkan bahwa pada 2020, 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

“68,6% penjual yang bergabung dengan Tokopedia pada saat pandemi merupakan pencari nafkah tunggal di keluarga. Serta 76,4% penjual mengatakan kemudahan mengelola bisnis menjadi alasan utama bergabung dengan Tokopedia,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Data internal Tokopedia di sisi lain mengungkap adanya pertumbuhan penjual yang sangat signifikan, dari yang sebelum pandemi berjumlah 7,2 juta menjadi lebih dari 10 juta saat ini. Pengguna aktif bulanan Tokopedia pun meningkat dari lebih dari 90 juta menjadi lebih dari 100 juta.

Tokopedia Kenalkan Inisiatif Hyperlocal

Tokopedia mendukung para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, melalui inisiatif hyperlocal demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Praktiknya, selain mengadakan pendampingan intensif untuk UMKM di berbagai kota, Tokopedia juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah demi mewujudkan digitalisasi pasar tradisional.

Pasar Cikurubuk dan Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka merupakan contoh pasar tradisional yang merasakan dampak positif dari digitalisasi pasar melalui Tokopedia di Jawa Barat.

Selama kuartal 1 tahun 2021, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan hingga lebih dari 2x lipat. Sementara, Pasar Cikurubuk juga turut mencatat kenaikan jumlah pesanan hingga lebih dari 4x lipat sejak bergabung dengan Tokopedia.

Pemanfaatan platform teknologi seperti Tokopedia menjadi solusi bagi para pedagang untuk dapat tetap mempertahankan usaha di tengah pandemi sekaligus menggerakkan ekonomi daerah.
Hal ini terlihat dari transaksi kategori F&B di Jawa Barat lewat Tokopedia juga meningkat hampir 3x lipat dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Ini turut dialami Dendeng Kukuruyuk, UMKM Bandung milik Novi Herawati yang bermula dari resep masakan keluarga dan telah berdiri lebih dari 10 tahun.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, “Pemanfaatan platform teknologi seperti Tokopedia menjadi solusi bagi para pedagang untuk dapat tetap mempertahankan usaha di tengah pandemi sekaligus menggerakkan ekonomi daerah.”

Tokopedia pun menyediakan berbagai halaman khusus seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan TokoMart yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mempermudah masyarakat, termasuk di Bandung, mendapatkan barang kebutuhan harian dari penjual terdekat.

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Masyarakat Jawa Barat Pada Kuartal I 2021

Data internal Tokopedia mengungkapkan bahwa kategori Rumah Tangga serta Kesehatan dan Perawatan Tubuh menjadi yang paling populer selama Q1 2021 di Jawa Barat.

“Antusiasme masyarakat terhadap produk rumah tangga, kesehatan dan perawatan tubuh terlihat dari adanya peningkatan masing-masing lebih dari 2x lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” ungkap Trian.

Transaksi kategori F&B di Jawa Barat lewat Tokopedia juga meningkat hampir 3x lipat dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Ini turut dialami Dendeng Kukuruyuk, UMKM Bandung milik Novi Herawati yang bermula dari resep masakan keluarga dan telah berdiri lebih dari 10 tahun. (*)

Facebook

Pos-pos Terbaru

Advertisement
Advertisement